Aneh, Bawa Sabu dari Luar Negeri, Hanya Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Ilustrasi (bnn/net)

Denpasar/BaliNewsNetwork-Tuntutan nyeleneh terjadi dalam sidang di PN Denpasar, Kamis (4/1). Dimana Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Wayan Sutarta hanya menuntut 1 pria asal Tingkok yang ketangkap basah membawa 0,40 gram sabu dari Negeranya dengan hukuman 1,5 tahun penjara.

Jaksa dihadapan majelis hakim pimpinan Made Pasek menyatakan, terdakwa Wang Tiecheng (33) terbukti bersalah tanpa hak menggunakan Narkotika golongan I untuk dirinya sendiri.

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI. No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Memohon kepada majelis hakim untuk menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 1,5 tahun,”ujar JPU dimuka sidang.

Atas tuntutan itu, terdakwa langsung mengajukan pembelaan secara lisan.”Intinya terdakwa memohon keringanan hukuman,”ujar penerjemahnya, Wayan Anna.

Sebagaimana tertuang dalam dakwana JPU terdakwa tiba di Terminal Kedatangan Internasinal Bandara Ngurah Rai, Tuban, Kuta dengan menumpangi pesawat Citilink QG 8839. rute Ningho, Cina – Denpasar, Bali.

Setibanya di depan mesin x-ray, petugas dari Bea Cukai yaitu saksi M. Rizal, Fatur Randa dan Yakup Heriawan, memeriksa badan terdakwa.

Dari sana, para petugas sudah menaruh curiga, pasalnya dari gerak-geriknya nampak gelisah dan tak tenang. Saat pemeriksaan mesin x-ray, pada tas punggung hitam yang dibawanya terindikasi ada benda mencurigakan di dalamnya.

Para saksi kemudian membongkar tas itu dan ditemukan satu bungkus plastik klip yang berisi sabu seberat 0,40 gram yang diselipkan di dalam dompet hitam yang diletakkan di dalam tas tersebut.

Selanjutnya pihak Bea Cukai berkoordinasi dengan BNNP Bali. Dari pengakuan, terdakwa menyebutkan barang itu dia Beli di Cina dari seseorang bernama Jefri dengan harga 400 Yuan (CNY).(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment