Besok, Bupati Flotim Lakukan Mutasi Perdana

Sekda Flotim Tonce Matutina. BNN/DOK

Larantuka/BaliNewsNetwork.com-Pergantian pimpinan Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) di Flores Timur akhirnya jadi dilaksanakan. Teka-teki yang sempat santer di bulan Desember 2017 silam itu pun akan terealisasi besok, Jumat (5/1).

Sekertaris Daerah Flores Timur Anton Tonce Matutina, SH yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (4/1)  membenarkan rencana pergeseran beberapa pimpinan OPD tersebut. Pada prinsipnya, pergantian  pimpinan OPD dalam irama rotasi tersebut tidak membuat kecewa ASN eselon II b.

“Benar, besok,Jumat (5/1) akan ada pelantikan 4 pimpinan OPD. Untuk pertama kalinya kepemimpinan Bupati Anton Hadjon dan Wakil Bupati Agus Payong Boli melakukan roling jabatan di lingkup eselon II b. Rotasi namanya, dan hanya berlaku bagi ke-4 pimpinan OPD. Sedangkan yang lainnya akan melalui pansel yang telah terjadwalkan,” jelas Sekda Tonce Matutina.

Persiapan rotasi jabatan tersebut,  menurut Sekda Tonce  telah final termasuk distribusi undangan kepada ke-4 pimpinan OPD yang akan dilantik besok. Sedangkan persiapan mutasi eselon II b lainnya termasuk  ke-5 pimpinan OPD yang masih lowong akan terjadi pada bulan Februari 2018 mendatang.

“Baik rotasi maupun mutasi merupakan hal yang biasa dalam dunia birokrasi. Besok kita lakukan rotasi itu sedangkan mutasi akan melalui pansel yang menurut rencana tim pansel akan menggelar rapat intern pada Senin (8/1). Setelah gelar rapat pansel intern tersebut akan diikuti dengan rapat pansel secara terbuka. Hasilnya akan diajukan ke Komisi ASN untuk mendapat mendapat persetujuan.

“Demikianlah mekanismenya, namun kita telah menjadwalkan mutasi akan terjadi pada bulan Februari nanti setelah mendapat persetujuan Komisi ASN,” urai Sekda Tonce.

Menyinggung soal rotasi dan mutasi yang bakal terjadi ini  berlandaskan pada sanksi politik akibat ketidakberhasilan sejumlah pimpinan OPD dalam melaksanakan program atau kegiatan OPD di Tahun Anggaran 2017,  Tonce Matutina serta merta membantahnya.

Bagi Sekda Tonce, pergantian pimpinan OPD baik dalam ritme rotasi maupun mutasi merupakan hal yang lumrah terjadi. Apalagi sebagai Sekda, dirinya  di berbagai forum pemerintahan selalu menegaskan tidak mau merugikan para abdi negara  di Flotim. Semuanya tergantung pada mereka yang mengembani  kepercayaan tersebut.

Sayangnya, meski didesak berulang-ulang, Tonce Matutina enggan membuka keempat OPD yang pimpinannya bakal diganti. “Rahasia dong,” kilahnya. (Emnir).

Editor: Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment