PN Denpasar Kabulkan Permohonan Ekstradisi Warga Jerman

North Peter (kanan)

Denpasar/BaliNewsNetwork-Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar pimpinan I Wayan Kawisada akhirnya mengabulkan permohonan ekstradisi dari pemerintah Jerman terhadap North Peter (39) dalam sidang, Selasa (2/1).

Majelis hakim dalam surat penetapanya menyatakan, mengabulkan permohonan ekstradisi pemerintah Jerman melalui Jaksa Penuntut Umum (JPU) Raka Arimbawa.

“Mengabulkan permohonan ekstradisi pemerintah Jerman terhadap North Peter, “tegas Hakim Kawisada dalam surat penetapanya yang dibacakan dihadapan termohon dan Jaksa Penuntut Umum.

Majelis hakim juga menyatakan tidak ada alasan untuk tidak mengabulkan permohonan ekstradisi terhadap termohon karena selama ini hubungan antara Indonesia dengan Jerman juga terjalin dengan baik. “Selain itu termohon juga bersedia untuk diekstradisi, “tegas majelis.

Sementara itu sebagaimana dalam surat permohonan ekstradisi yang disampaikan Jaksa Raka Arimbawa terungkap, Pemerintah Jerman memohoh agar termohon diekstradisi karena diduga terlibat kasus penipuan dan penggelapan.

“Termohon ditangkap pada tanggal 15 Desember 2016 silam oleh Polisi berdasarkan Red Notice yang dikeluarkan oleh Penerintah Jerman, “sebut Jaksa Kejati Bali ini. Meski termohon sudah diamankan sejak tahun 2016, tapi baru bisa disidangkan diakhir tahun 2017.

“Sebeb pemerintah Jerman baru mengirim berkas-berkas yang diperlukan untuk mengajukan penetepan di Bulan Desember tahun 2017,”ungkap Raka Arimbawa.

Dijelaskan pula, setelah pihaknya menerima surat penetepan tersebut akan dilanjutkan ke Preseden RI melalui Kementerian Hukum dan HAM.

“Nanti setelah ada persetujuan dari Presiden RI, baru kita lakukan ekstradisi. Untuk sementara termohon kami titipkan di Rutan Kerobokan, Denpasar, “tandasnya.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment