Majukan Olahraga di Flotim, Perlu Ada OPD Khusus

Tim perumus rekomendasi  melaporkan hasil diskusi kelompoknya pada penutupan kegiatan Kemenpora di Larantuka, Rabu (6/12). BNN/Eman Niron

Larantuka/BaliNewsNetwork.com-Demi kemajuan olahraga di  Flores Timur,   Pemerintah Kabupaten Flores Timur perlu membentuk sebuah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Penegasan tersebut merupakan salah satu point rekomendasi  yang dilayangkan ke Pemda Flotim oleh peserta kegiatan Peningkatan Profesional Manajemen Olahraga dan Kapasitas Organisasi Olahraga Fungsional, Profesional dan Prestasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia di Larantuka, Rabu (6/12).

Bertempat di aula pertemuan Hotel Asa, Weri-Larantuka, para peserta kegiatan yang terdiri dari unsur KONI Kabupaten Flotim,  cabang olahraga,  IGOR, guru olahraga SMP dan SMA/SMK, perwakilan PGRI Flotim,  Perguruan Tinggi (IKTL Waibalun), media massa dan unsur Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga  pada penutupan kegiatan tersebut menyerukan pentingnnya sebuah intansi atau OPD yang khusus menangani bidang kepemudaan dan olahraga  yang selama ini tergabung dalam OPD PKO.

Kepada Pemkab Flotim dan DPRD Flotim, peserta kegiatan  Kemenpora tersebut menggenjot nurani Pemkab dan DPRD Flotim untuk memfokuskan urusan kepemudaan dan olahraga pada sebuah instansi. Hal itu sejalan dengan misi kepemimpinan politik  FLotim periode 2017-2022, Menyelamatkan Orang Muda Flores Timur.

Selain itu, peserta kegiatan Kemenpora  yang merindukan  kesatuan gerak, komitmen dan konsistensi dalam pembinaan dan pengembangan olahraga serta dalam rangka peningkatan tata kelola olahraga dan kapasitas organisasi olahraga di Flotim sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, juga merekomendasikan  kepada Pemda Flotim untuk  perlunya menggelar rapat kooordinasi lintas sektor dengan melibatkan DPRD Flotim, dunia usaha, seluruh pengurus cabang olahraga di Flotim serta KONI Flotim. Hal itu penting demi kemajuan olahraga di Kabupaten Flotim.

Rekomendasi  itu tak lupa memberi perhatian pada aktivitas KONI Flotim yang terkesan  diam lantaran tidak memiliki kesekertariatan. Mereka  merekomendasikan kepada Pemda Flotim untuk memfasilitasi sekertariat bersama KONI dan ke-13 Pengcab Olahraga  yang ada di Flotim serta perlu adanya penataan kepengurusan KONI sesuai AD/ART dan  KONI harus bekerjasama melakukan pembinaan olahraga pendidikan, olahraga rekreasi dan olahraga prestasi secara berjenjang dan berkelanjutan.

Suryadi Prawiro, staf Kemenpora RI

Tak sampai di situ, keberadaan pengurus Pengcab olahraga yang belum lengkap pun turut disertakan dalam rekomendasi tersebut. Demikian pula halnya dengan pendataan guru olahraga berdasarkan kompetensinya, pembentukan tim tes kebugaran jasmani untuk setiap tingkatan usia, pelatihan atau peningkatan kompetensi bagi tenaga kebugaran, gerakan memasyarakatkan senam kebugaran jasmani khas Flotim  serta festival permaianan tradisional  khas Flotim pun menjadi hal mutlak yang harus dilaksanakan.

14 butir rekomendasi  itupun diserahkan perwakilan peserta kepada Bupati Flotim Anton Gege Hadjon  melalui Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Flotim Bernadus Beda Keda yang disaksikan oleh Kepala Bidang Wasit dan Juri Pendukung  pada Kemenpora RI Suryadi Prawiro di acara penutupan kegiatan yang berlangsung  dari tanggal 4 hingga 6 Desember 2017 tersebut.

Suryadi Prawiro dalam sambutannya mengungkapkan kebanggaanya atas semangat  dan kepedulian para peserta  yang sangat proaktif untuk  memajukan olahraga di Kabupaten Flotim ini. Pihaknya sama sekali tidak menyangka kalau di Flotim mereka menemukan semangat yang membara untuk memajukan dunia olahraga itu. Kebanggaan terbesar lainnya, demikian Suryadi Prawiro, adalah betapa besar perhatian Bupati dan Wakil Bupati Flotim pada kegiatan ini.

“Kami tidak menyangkanya dan ini merupakan kebanggaan tersendiri dalam diri kami. Pada pembukaan kemarin, Pak Wakil Bupati ada bersama kami. Tadi di sela-sela kegiatan, Pak Bupati datang mengunjungi kami. Luar biasa perhatian kepala daerah Flotim. Ada banyak hal yang kami diskusikan dan doakan kami agar kami tetap datang lagi ke sini,” ucapnya yang diikuti tepukkan tangan peserta. (Emnir)

Editor: Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment