Penulis:
Dedy Panji Agustino
STIKOM Bali

Denpasar/BaliNewsNetwork-Seperti yang kita ketahui bersama, Gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Bali yang juga merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia ini mengalami peningkatan aktivitas sejak bulan September lalu. Berbagai pemberitaan terkain aktivitas dan letusan Gunung Agung pun berseliweran di berbagai media termasuk uga di media sosial Facebook. Netizen ramai-ramai membagikan status ataupun foto terkait letusan Gunung Agung ini.

Facebook pun merespon situasi tersebut dengan mengaktifkan fitur “Safety Check”. Facebook telah menambahkan letusan Gunung Agung sebagai peristiwa bencana alam sehingga pengguna bisa menandai dirinya  “aman”. Di fitur Safety Check Facebook ini, netizens dapat menunjukkan kepada teman Facebook mereka bahwa mereka dalam keadaan aman dalam situasi darurat dan juga dapat memeriksa status teman mereka yang berada di area bencana tersebut. Mereka juga dapat mencari dan menawarkan bantuan dalam beberapa kategori seperti makanan, transportasi, air, dll.

Fitur ini berguna bagi mereka yang mengungsi dari zona bencana dan perlu mengkomunikasikan bahwa mereka berhasil keluar dari zona bahaya dengan aman, atau sekedar bagi mereka yang ingin menyiarkan ke teman Facebook mereka yang ada di luar Bali bahwa mereka dalam kondisi aman, yang mungkin sebenarnya tidak disadari bahwa Gunung Agung sebenarnya jauh dari tempat kebanyakan turis yang berlibur di Bali.

Bagi anda yang ingin menggunakan fitur ini untuk memberikan kabar kepada rekan anda di Facebook, dapat mencari halaman Facebook dengan judul “The Volcanic Eruption in Bali, Indonesia”. Fitur semacam ini sebelumnya sudah beberapa kali dimunculkan oleh Facebook, terutama pada saat terjadinya suatu bencana atau kejadian yang masuk kategori berbahaya, seperti pada saat teror bom di Paris ataupun pada saat terjadinya teror bom di Kampung Melayu Jakarta.

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment