Sidang Dugaan Reklamasi Liar dan Penebasan Mangrove-Lanang Sudira Bersaksi, Mengetahui ada Penebasan Mangrove Saat Lakukan Monitoring

Denpasar/BaliNewsNetwork-I Wayan Sudira alias Lanang Sudira yang merupakan pelapor dalam kasus dugaan reklamasi liar dan penebangan pohon Mangrove yang diduga dilakukan oleh I Made Wijaya alias Yonda dan lima orang lainya, Senin (6/11) juga dihadirkan sebagai saksi oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Suhadi dkk.

Dihadapan majelis hakim pimpuna I Ketut Tirta, saksi Lanang Sudira diawal kesaksianya membenakan bahwa dialah yang melaporkan adanya dugaan reklamasi liar dan penebasan pohon Mangrov di Pantai Pesisir Barat Tanjung Benoa ke Polda Bali. Tapi walaupun sebagai pelapor, saksi mengaku tidak mengetahui siapa pelaku penebasan Mangrove tersebut.

Dikatakan Lanang Sudira, pihaknya melaporkan kasus ini setelah menemukan adanya tanaman Magrove yang ditebang untuk dijadikan jalan setapak.”Pada saat kami melakukan monitoring, kami menemukan adanya penebasan pohon magrove tesebut,”ujar saksi.

Setelah itu, saksi awalnya melaporkan temuan itu ke Dinas Kehutanan Provinsi Bali.”Namun oleh Dinas Kehutanan kami diminta untuk langsung melaporkan ke Polda Bali,”sebut Lanang Sudira.

Terkait adanya surat teguran dari Dinas Kehutanan tentang adanya penebasan terbut kepada pihak yang diduga melakukan penebasa juga diakui oleh Lanang Sudira.

“Yang saya tahu setelah adanya surat teguran dari Dinas Kehutanan, aktifitas ditempat kejadian dihentikan. Namun alat-alat yang digunakan untuk menguruk masih ada di lokasi,”tandasnya.

Sementara itu, dua saksi lainya yaitu I Ketut Sadia dan I Wayan Ranten belum bisa dimintai keterangan karena waktu yang sudah tidak memungkinkan.

Kedua saksi tesebut akan dimintai keterangan pada sidang perkan depan. Pun dengan persidangan untuk lima terdakwa lainya juga mengalami penundaan.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Berita terkait :
Sidang Dugaan Reklamasi Liar dan Pembabatan Pohon Mangrove-Saksi Polisi Sebut ada Sekitar 20 Pohon Mangrove yang Ditebas
Enam Terdakwa Kasus Reklamasi Teselubung Diadili di PN Denpasar

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment