Pertama di Indonesia, STIKOM Bali Kampus Jimbaran Membuka Konsentrasi E-Tourismpreneur

Kampus STMIK STIKOM Bali Jimbaran. Foto:bnn/ist.

Jimbaran/BaliNewsNetwork-Sebagai   salah   satu   bagian   yang   menopang   pendapatan   negara,   pariwisata Indonesia diberikan  perhatian  lebih  oleh pemerintah untuk  dioptimalkan dan  dikembangkan.  Setiap  daerah berlomba-lomba dan berupaya menggali potensi pariwisata yang dimiliki guna menambah pendapatan. Pariwisata dipandang sebagai potensi yang besar untuk dikembangkan dan semakin berkembang lagi ketika teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk menunjang sektor pariwisata ini, atau yang populer disebut e-Tourism.

STIKOM Bali Kampus Jimbaran sebagai sebuah kampus yang berlokasi di sentra wisata Bali memandang bahwa mahasiswa dan lulusan harus turut serta berkontribusi dalam bidang pariwisata. Oleh karena itu, tahun ini, Program Studi Sistem Informasi membuka konsentrasi baru yaitu eTourismpreneur.

Ketua Program Studi Sistem Informasi STIKOM Bali, Ricky Aurelius Nurtanto, S.Kom, MT. menyampaikan bahwa kompetensi yang dihasilkan dari konsentrasi ini adalah mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi peluang usaha di bidang pariwisata dan mampu menentukan bidang usaha pariwisata yang paling prospek untuk masa yang akan datang dengan berbasis teknologi informasi.

“Dengan mengetahui peluang usaha di bidang pariwisata dan kemampuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, lulusan nanti diharapkan bisa menjadi eTourismpreneur,” ujarnya.

Lebih lanjut Ricky Aurelius Nurtanto menyampaikan selain menjadi wirausahawan di bidang pariwisata, mahasiswa dan lulusan juga bisa berkarir di bidang pariwisata karena kompetensinya sudah disiapkan.

“Mereka sudah bisa berkarir di bidang pariwisata dengan menjadi Online Booking Specialist atau Social Media Officer yang akan sangat membantu hotel atau villa dalam mendapatkan tamu,” jelas Ricky.

Sementara itu, Putu Surya Sudarmadi, S.Kom salah seorang lulusan STIKOM Bali yang merupakan founder Guestpro, sebuah perusahaan pemula (startup) di bidang pariwisata menyampaikan bahwa peluang usaha dalam bidang pariwisata sangat luas. Salah satunya bisnis aplikasi yang dikembangkannya yaitu GuestPro.

“GuestPro adalah sistem manajemen properti berbasis cloud yang bisa mengintegrasikan kegiatan operasional dari sebuah hotel, villa, dan resort. Dengan GuestPro, kita bisa mengatur segala hal mulai dari layanan Front Office, logistik, hingga sistem akuntansi,” papar Surya yang saat berita ini di-online-kan sedang mengikuti pameran Inovator Inovation Indonesia Expo (I3E) di Surabaya yang diselenggarakan Kementerian Ristek Dikti.

Koordinator Kampus STIKOM Bali Jimbaran, Amanda Paramita Nugraha menyampaikan bahwa Konsentrasi eTourismprenur ini hanya dibuka di Kampus Jimbaran, dimana lokasi kampusnya memang di pusat kawasan pariwisata Bali. “Guna menyiapkan mahasiswa menjadi eTourismpreneur ini, kami sudah menjalin kerja sama dengan berbagai usaha di sektor pariwisata sebagai tempat magang mahasiwa kami, sehingga memberikan wawasan dan keterampilan di bidang pariwisata khususnya hospitality,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment