Komponen Rakyat Bali Polisikan Eggy Sujana – Dianggap Menista Agama

Komponen Rakyat Bali memperlihatkan surat laporan polisi. BNN/SID

Denpasar/balinewsnetwork.com-Komponen Rakyat Bali (KRB) melaporkan pengacara Eggy Sujana ke
SPKT Polda Bali, Jumat (6/10). Eggy dilaporkan dalam kasus dugaan penistaan terhadap agama Hindu, Kristen, dan Budha yang dilakukan oleh Eggy Sudjana di video yang diunggahnya di media sosial.

Ketua Komponen Rakyat Bali I Gusti Ngurah Harta mengungkapkan, potongan video yang diunggah oleh Eggy Sudjana telah mengancam kebhinekaan NKRI.

Dalam potongan video tersebut terlapor (Eggy Sujana) menyatakan, bahwa tidak ada ajaran selain Islam yang sesuai dengan Pancasila, selain Islam bertentangan karena Kristen Trinitas, Hindu Trimurti, Budha tidak mengenal konsep Tuhan, jadi ajaran lain yang selain Islam bertentangan dengan sila pertama dari Pancasila, maka saya sudah ingatkan tadi konsekuensi hukum jika Perpu diterima maka hukum berlaku berkekuatan hukum tetap dan mengikat maka konsekuensi hukumnya selain Islam harus dibubarkan.

Koordinator yang juga pelapor Komponen Rakyat Bali, Gus Yadi mengungkapkan, pernyataan Eggy Sudjana sangat disayangkan. Soal yang dikatakannya yang ingin menghilangkan agama Hindu, Budha, Kristen dan katolik karena dianggap agama tersebut tidak sesuai Pancasila.

“Dia itu memutarbalikan- dia menuntut Perppu Ormas tapi dia mengkaitkan dengan agama, itu tidak benar, bahwa sesungguhnya semua agama itu adalah agama resmi di negara. Jadi bahasa yang dia sebut itu “Genosida” bisa menimbulkan konflik horizontal dan itu membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa,” tandasnya.

Akibat pernyataannya, terlapor Eggy Sujana melanggar pasal 28 ayat (2) UU ITE Jo Pasal 45 ayat (3) UU No.19 tahun 2008 tentang Perubahan ITE Jo Pasal 156a KUHP. (SID)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment