Peduli Pengungsi Gunung Agung, Luhut Sumbang Rp 900 Juta

Menteri Luhut Binsar Pandjaitan di lokasi para pengungsi Gunung Agung di GOR Sweca Pura Klungkung. BNN/SID

Klungkung/balibewsnetwork.com-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengunjungi pengungsi Gunung Agung di GOR Sweca Pura, Klungkung, Minggu (24/9). Pihaknya menyumbangkan Rp900 juta untuk para pengungsi Gunung Agung.

Didampingi Bupati Karangasem IGA Mas Sumantri dan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Luhut sempat berbincang-bincang dengan para pengungsi.

Dia mengatakan, bahwa setelah melihat-lihat kondisi saat ini, persiapan dari Bupati Klungkung dan Karangasem sudah bagus.

“Saya lihat persiapannya sudah bagus tertata dengan rapi. Kita saat ini tinggal menunggu laporan dari vulkanologi saja,” ujarnya di lokasi.

Pihaknya menyampaikan empati dan keprihatinan yang mendalam terhadap kejadian bencana alam Gunung Agung di Bali, yang menyebabkan status Gunung Agung dinaikkan menjadi awas sehingga sebagian penduduk di sekitar Gunung Agung harus diungsikan ke daerah yang lebih aman.

Disebutkan, Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) telah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait (terutama Kemenko Bidang Kemaritiman, Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia), san bekerja sama dengan tiga Bank Official Partners AM 2018 yaitu Bank Mandiri, BNI dan BRI, guna terus berupaya membantu meringankan beban para pengungsi dan penduduk di lokasi pengungsian.

Luhut memaparkan, bantuan yang diberikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, par pegawai Kementerian Keuangan, dan Bank Indonesia masing-masing sebesar Rp 100 Juta, sedangkan ketiga bank official partners masing-masing sebesar Rp 200 Juta, sehingga total bantuan kemanusiaan berupa uang dan kebutuhan pokok yang diserahkan secara simbolis hari ini senilai Rp 900 juta. (SID)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment