Tinjau Penerimaan CPNS di Bali, Menpan RB Tegaskan Jangan Percaya Joki dan Calo

Menpan RB, Asman Abnur terjun langsung tinjau proses penerimaan CPNS di Bali. Foto: bnn/ist.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur terjun langsung mengawasi pelaksanaan verifikasi dokumen asli peserta pengukuran tinggi badan dengan kualifikasi pendidikan SLTA sederajat Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali, di Art Center, Denpasar, Senin (11/09).

Di lokasi Menpan RB langsung mengecek pelaksanaan penerimaan CPNS, dan secara simbolis turut serta mengukur tinggi badan peserta. “Kita melihat sistem seleksi yang dilakukan di Kementrian Hukum dan HAM. Mulai hari ini pendaftaran sampai dia menerima kartu tanda peserta. Jadi dari situ kita lihat tidak gampang ya,” ujar Asman, Senin (11/09).

Selama ini ada yang berfikiran negatif dengan cara-cara memakai joki untuk diterima menjadi PNS. Bahkan menggunakan calo. “Mungkin harus pakai joki, selama ini kita mungkin masih negatif cara-cara penerimaan tapi dengan hari ini saya melihat menyakini kawan-kawan di Kementrian Hukum dan HAM tidak bisa main-main,” tandasnya.

“Kalau ada yang mengatasnamakan seolah-olah bisa membantu menjamin kelulusan itu orangnya benar-benar menipu. Jadi tidak boleh lagi percaya calo-calo,” himbaunya seraya menegaskan bahwa yang bisa membantu itu hanya kemampuan.

“Yang bisa bantu itu hanya kemampuan saja. Tesnya ini secara terbuka, seperti kita lihat tadi di pengukuran tinggi badan, semuanya secara terbuka,” ungkapnya. Di lokasi, Menpan RB juga sempat berbincang-bincang dengan para peserta yang tengah mengikuti proses seleksi tersebut. (Sid)

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment