Pemerintah Jepang Beri Penghargaan Kepada Prof. Bandem

Konsul Jenderal Jepang Wilayah Bali – Nusa Tenggara Hirohisa Chiba atas nama Kementerian Luar Negeri Jepang memberi penghargaan kepada Prof. Dr. I Made Bandem, MA. BNN/RAHMAN

Denpasar/balinewsnetwork.com-Kementerian Luar Negeri Jepang memberi penghargaan kepada Prof. Dr. I Made Bandem, MA atas jasa-jasanya meningkatkan hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang serta negara-negara lain melalui jalur kebudayaan dan seni.

Pemberian penghargaan dilakukan oleh Konsul Jenderal Jepang Wilayah Bali – Nusa Tenggara Mr. Hirohisa Chiba, Jumat (08/09) malam di kantor Konsulat Jenderal Jepang Wilayah Bali – Nusa Tenggara di Denpasar.

Konjen Jepang Hirohisa Chiba. BNN/RAHMAN

Menurut Hirohisa Chiba, salah satu pertimbangan Kementerian Luar Negeri Jepang memberi penghargaan ini selain peran prof Bandem dalam bidang seni dan budaya sejak tahun 1965, juga  Prof. Bandem sebagai Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti  dan pendiri STIKOM Bali  telah menjalin kerja sama STIKOM Bali dengan perguruan tinggi di Jepang, antara  lain  dengan Kyushu Sangyo University, Fukuoka dan Bunkyo University Tokyo  terkait pengiriman dosen-dosen STIKOM Bali untuk melanjutkan pendidikan S-2, pertukaran mahasiswa dan penelitian bersama dan membuka Pusat Study Jepang di STIKOM Bali yang berfungsi untuk mempererat hubungan Indonesia-Jepang melalui diplomasi bahasa, teknologi dan seni-budaya.

“Mudah-mudahan dengan penghargaan ini,  makin mendorong Prof, Bandem untuk terus berkarya di bidang seni dan budaya, serta meningkatkan hubungan baik antara Bali dan Jepang,” harap Hirohisa Chiba dalam bahasa Indonsia yang fasih

Sementara itu, dalam sambutannya Prof. Bandem mengatakan, sangat berterima kasih kepada pemerintah Jepang atas penghargaan yang diberikan kepadanya.

“Penghargaan ini tidak saya duga sebelumnya. Tapi saya berterima kasih kepada pemerintah Jepang ternyata apa yang saya lakukan selama ini mendapat perhatian Bapak Menteri Luar Negeri Jepag sehingga menganugerahkan penghargaan kepada saya,” kata Prof. Bandem.

Hadir dalam acara ini, Ketua STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan, Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Drs. Ida Bagus Dharmadiaksa, M.Si., Ak, para pejabat STIKOM Bali, Kepala Dinas Kebudayaan Bali Dewa Putu Berata, Konsul Italia Pino Confessa dan para budayawan lainnya. (rsn)

BERITA TERKAIT:

Prof. Dr. I Made Bandem, MA dan Diplomasi Kebudayaan Bali – Jepang

Prof. Dr. I Made Bandem, MA – Seniman, Budayawan,  Akademisi, dan Politisi

Prof. Dr. I Made Bandem, MA dan Sejumlah Penghargaan

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment