Ini Penyebab Pengacara Terdakwa Azis Wahyudi Dicuekin Jaksa

Jaksa G.A Surya Yunita

Denpasar/BaliNewsNetwork-Sidang aneh tapi nyata yang sempat terjadi di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar akhirnya terungkap.

Seperti diberitakan, tim kuasa hukum terdakwa Azis Wahyudi yang terjerat kasus penadahan, ngamuk-ngamuk karena saat sidang berlangsung tidak dipanggil untuk medampingi terdakwa.

Setelah ditelusuri, ternyata baik pihak jaksa maupun majelis hakim yang menyidangkan perkara tersbut, belum mendapat surat kuasa penunjukkan dari terdakwa yang ditujukan kepada Yanuar Nahak dan Chalie Usfunan dkk.

Hal ini seperti diutarakan jaksa G.A Surya Yunita yang ditemui di Kejari Denpasar, Selasa (29/8). Diakuinya, pada sidang sebelumnya terdakwa memang sudah didampingi penasehat hukum.

Namun saat itu pihak terdakwa maupun penasehat hukumnya belum meyerahkan surat kuasa penunjukkan pengacara kepada jaksa maupun kepada panitera PN Denpasar.

“Kami sampai sidang, Senin (28/8) belum mengantongi surat kuasa penunjukkan pengacara dari terdakwa. Makanya sidang tetap jalan karena kami anggap terdakwa tidak menggunakan pengacara,” kilah jaksa Surya Yunita.

Tak hanya itu, jaksa Surya Yunita juga sempat menanyakan kepada panitera PN Denpasar tetapi jawabannya pun sama.

“Penitera juga belum menerima surat kuasa penunjukkan pengacara dari terdakwa,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua kuasa hukum terdakwa Asiz Wahyudi, yakni Yanuar Nahak dan Charlie Usfunan marah-marah di PN Denpasar, Senin (28/7) karena dianggap diacuekin jaksa.

Mereka menuding jaksa diam-diam menggelar sidang tanpa melibatkan mereka sebagai kuasa hukum terdakwa.

“Kami tidak terima diperlakukan seperti ini, kami sebagai pengacara terdakwa tidak diberi tahu saat sidang berlangsung,” sebut Yanuar saat itu sembari memperlihatkan surat kuasa penunjukkannya sebagai kuasa hukum terdakwa. (pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment