Lolos di Gilimanuk-Pengedar Transaksi Sabu di Indomaret, Ubung Diciduk

Sejumlah BB saat rilis. Foto: bnn/ist.

Denpasar/BaliNewsnetwork-Polda Bali menggagalkan narkoba yang dibawa dari Jawa Timur melalui jalur darat, Jumat (25/08) sekitar pukul 14. 30 Wita di Terminal Bus Mengwi, Badung.

Penangkapan ini berawal dari informasi yang didapatkan Polda Bali bahwa akan ada seseorang yang membawa narkoba dari Jawa Timur ke Bali dengan menggunakan salah satu bus angkutan umum jurusan Denpasar – Surabaya. Dari informasi tersebut kemudian Polda Bali dari Opsnal Ditresnarkoba melakukan menangkapan terhadap yang menjadi target operasi.

Wadir Narkoba Polda Bali AKBP Sudjarwoko menjelaskan, bahwa setelah pihaknya melakukan penangkapan dan penggeledahan terhadap tas yang dibawa pelaku ditemukan 1 plastik bening yang di dalamnya berisi kristal bening yang diduga mengandung sediaan narkotika jenis sabu dengan berat 284 gram brutto atau 282, 53 gram Netto.

Untuk mengelabui petugas, pelaku yang ketahui bernama Samsuri ini membungkus barang haram tersebut dengan kerta koran. Saat diinterogasi yang bersangkutan mengakui jika sabu tersebut adalah miliknya, dan rencananya akan diserahkan kepada seseorang yang telah memesannya yakni IKP atau Iwan.

Foto: bnn/ist.

“Awalnya tim kami mendapatkan info bahwa akan ada pesanan narkoba dari Denpasar ada pesanan narkoba ke Jawa Timur. Barang bukti (BB) disimpan dalam tas dan dikemas dengan rapi oleh pelaku Samsuri,” ujar AKBP Sudjarwoko, saat rilis di Mapolda Bali, Senin (28/08).

Dia menjelaskan bahwa saat Bus yang ditumpangi pelaku sampai di terminal Mengwi, Badung petugas melakukan pengecekan. Saat pengecekan berlangsung oleh polisi, pelaku turun duluan dari Bus dan meninggalkan tas yang berisi barang bukti di kabin bagian atas tempat duduk pelaku. Hal itu dilakukan pelaku Samsuri untuk menghindari pengecekan oleh polisi.

“Saat kami tanya kepada penumpang yang lain terkait kepemilikan tas tersebut ya mereka menunjukan pelaku. Akhirnya kami panggil pelaku dan suruh dia turun duluan dengan WNA karena di dalam Bus tersebut juga ada WNA,” ujarnya.

Tidak berhenti disitu, Polda Bali terus memburu tersangka lain yang diketahui sebagai pemesan. Sekitar pukul 16. 00 Wita tim Opsnal Ditresnarkoba Polda Bali melakukan “control delivery” terhadap penyerahan barang oleh Samsuri kepada Iwan di Toko Indomaret Jalan Cokroaminoto, Ubung, Denpasar Utara.

“Pelaku (Samsuri dan Iwan-red) tertangkap tangan melakukan transaksi. Pelaku Iwan datang ke TKP dengan menggunakan sepeda motor. Dan setelah kita cek di dalam jok motor pelaku ada sendok yang dibuat oleh pelaku Iwan untuk membagi sabu kepada teman-temannya, kemudian ada plastik klip bening dan timbangan. Tersangka Iwan sempat menyangkal atas kepemilikan BB meskipun sudah memperlihatkan rekaman CCTV. Ini kali keduanya antara Iwan dan Samsuri melakukan transaksi narkoba yang dipesan dari Jawa,” ujarnya. (Sid)

 

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment