Bupati Flotim Berikan Penghargaan Kepada Warga Peduli Biota Laut, Dominasi Nelayan Solor

Bupati Flores Timur menyerah Piagam Penghargaan  Menteri Susi kepada 12 warga Flotim yang peduli terhadap biota laut dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72 Tingkat Pemerintah Kabupaten FLores Timur, di stadion Ile Mandiri,Larantuka-Kamis (17/8)

Larantuka/BaliNewsNetwork.com-Upacara  apel bendera  memperingati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-72 Tahun tingkat Pemerintah Kabupaten Flores Timur, Kamis (17/8)  dikemas tampil beda dengan perayaan serupa di tahun-tahun sebelumnya. Kemasan yang membuat tampil beda dan istimewa  pada perayaan tersebut adalah pemberian ruang yang sungguh istimewah pada warga Flotim yang peduli terhadap biota laut  yang dilindungi undang-undang.

Sebagaimana yang disaksikan BaliNewsNetwork.com, sebanyak 12 warga Flotim yang selama ini giat mengamankan telur penyu dan aktif melepaskan jenis-jenis  ikan yang terkategori jenis ikan lindung mendapat kehormatan di tribun VIP  mengikuti Perayaan HUT Kemerdekaan tingkat Kabupaten Flotim dan menerima Piagam Penghargaan dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang diserahkan oleh Bupati Flores Timur.

Penghargaan Menteri Susi melalui Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Direktorat Jenderal Pengolahan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia  di serahkan  oleh Bupati Anton Gege Hadjon kepada 3 warga Ilebura, masing-masing Yakobus Kedang, Antonius Leo Uran dan Dedi Kedang atas partisipasi aktif  mereka dalam pengamanan telur penyu. Sedangkan piagam penghargaan bagi warga yang peduli dan berpartisipasi dalam pelepasan penyu Sisik diberikan Menteri Susi kepada Stefanus Kelen,warga kelurahan Puken Tobi Wangi Bao, Kecamatan Larantuka.Enam piagam penghargaan lainnya diberikan kepada nelayan asal Solor masing-masing 4 nelayan asal kelurahan Ritaebang,Solor Barat, Kristo Kelan Werang, Hubertus Keban,Anton Watun, dan Lukas Lalun Jawan atas partisipasi aktif pelepasan Penyu Hijau dan Sisik serta pelepasan Ikan Duyung dan 2 warga desa Lemanu kecamatan Solor Selatan masing-masing  Yosep Herin dan Yansen Herin yang telah melepaskan Pari Setan dan Hiu Paus.

Bupati Flotim Anton Gege Hadjon terkait ruang istimewah yang diberikan kepada warga yang peduli terhadap biota laut tersebut mengaku sangat bangga atas kepedulian warga tersebut. Sejalan dengan misi kepemimpinan dirinya dan Wakil Bupati Agustinus Payong Boli,SH dalam menyelamatkan laut Flotim,Bupati Anton Hadjon pun berharap agar kepedulian yang telah ditunjukkan oleh ke-12 warga penerima penghargaan tersebut  dapat tertular secara menyeluruh kepada warga Flotim lainnya.

“Pemerintah membuat peraturan melindungi biota laut hanya untuk kehidupan warganya, bukan untuk membinasakan! Dan saya sangat bangga atas kepedulian mereka itu.Selaras dengan misi kami menyelamatkan laut Flores Timur, contoh yang telah mereka perlihatkan ini kiranya diikuti oleh seluruh warga Flotim. Ya, laut kita harus kita jaga dari aktivitas penangkapan ikan yang melanggar aturan dan kita akan membekali nelayan kita dengan sarana tangkap yang ramah lingkungan.” tandas Bupati Anton Hadjon menjawabi ruang istimewah yang diberikan kepada ke-12 warga itu. (Emnir)

Editor : Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment