Sosialisasi Hasil Pembangunan dan Semangat Kebangsaan Melalui Pameran

Gubernur Bali Made Mangku Pastika didamping Wakil Gubernur I Ketut Sudikerta dan Ketua DPRD Bali N. Ady Wiryatam, memukul gong menandai pembukaan pameran pembangunan Provinsi Bali 2017. BNN/Rahman.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan, pemeran pembangunan adalah wahana strategis untuk menyosialisasikan hasil pembangunan yang telah diperbuat oleh pemerintah Bali.

“Apalagi pameran ini dilaksanakan bersama pemerintah kota dan kabupaten se-Bali dan momentumnya memperingati Hari Jadi ke-59 Pemprov Bali dan HUT ke-72 Kemerdekaan RI sehingga pameran ini adalah wahana yang tepat untuk menyosialisasikan semangat kebangsaan,” kata Made Mangku Pastika ketika membuka pameran pembangunan Provinsi Bali di Art Center, Denpasar, Senin (14/08).

Selain itu, demikian  Gubernur Made Mangku Pastika, pameran kali ini yang bertema menuntas “Bali Mandara Jilid 2” adalah sebagai salah satu wujud pemerintah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Bagi para pelaku UMKM, Gubernur Mangku Pastika berharap mereka dapat memanfaatkan pameran ini sebagai sarana untuk mempromosikan usahanya.

Pada bagian lain sambutannaya, Gubernur Mangku Pastika menginstruksikan para PNS dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain untuk mengunjungi pemeran ini secara bergilir.

“Saya minta Pak Sekda untuk mengatur kunjungan para pegawai ke pameran, minimal tiap hari ada 4 OPD yang datang. Tujuannya agar setiap OPD tahu apa yang dilakukan OPD lainnya,” kata Mangku Pastika.

Menurut Mangku Pastika, banyak OPD yang sudah berbuat begitu rupa tetapi tidak diketahui oleh OPD lainnya.

“Ini ironis. Padahal kita secara tim. Jadi, dengan mengunjungi pameran ini adalah cara kita untuk mengakselerasikan kerja karena kita kerja bersama-sama,” tegas Gubernur Mangku Pastika.

Pembukaan pameran ini juga dirangkaikan dengan pelucuran buku berjudul: Bali Mandara (Estafeta untuk Genereasi Muda. Manajemen Transformasi Pembangunan Bali). Buku mengisahkan sosok Irjen Pol (Purn) Made Mangku Pastika selama hampir 10 tahun memimpin Bali.

Menariknya, buku ini tidak hanya dibaca melainkan juga bisa ditonton melalui video karena buku ini dilengkapi dengan teknologi AR atau Augmented Reality.

Buku ini kemudian dibagikan kepada Ketua PRD Bali N. Ady Wiryatama, Ketua OSIS SMAN 1 Denpasar dan perwakilan masyarakat lainnya.

Pameran ini diikuti oleh 162 instansi pemerintah dan swasta. Salah satu di antaranya adalah STIKOM Bali, yakni  sebuah perguruan tinggi terbaik peringkat 3 nasional kategori sekolah tinggi IT. (rsn)

Berita Terkait:

STIKOM Bali Ikut Pameran Pembangunan Bali

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment