LHP Proyek Pasar Larantuka Siap Diterbitkan

Kepala Inspektorat Daerah Flores Timur Ahmad Bethan. BNN/Emnir

Larantuka/BaliNewsNetwork.com-Inspektorat Daerah (Irda) Kabupaten Flores Timur akan segera menerbitkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) pasca intansi pimpinan Ahmad Bethan tersebut melakukan audit. Gerakan audit atas perintah Wakil Bupati Flores Timur,Agus Boli,SH  setelah Wakil Bupati Agus Boli melakukan sidak terhadap fisik proyek tersebut kini sedang dalam persiapan laporannya.

Dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (14/8), Ahmad Bethan  mengaku telah memerintahkan timnya untuk menyiapkan laporan. Artinya dalam waktu dekat, LHP akan segera diterbitkan, demikian Ahmad Bethan dalam penegasannya.

“Kami telah menjadwalkan finalisasi pada Kamis (10/8)  dengan pihak-pihak terkait proyek tersebut.Namun pihak-pihak tersebut tidak datang.Pemeriksaan fisik proyek pasar larantuka pun telah kami lakukan,dan pokok-pokok laporannya pun telah kami siapkan. Karena finalisasi itu tidak dilaksanakan maka sebentar kami lakukan analisa  untuk selanjutnya segera menerbitkan LHP,” jelas Ahmad Bethan dengan terus menerus menegaskan telah mengeluarkan perintah kepada Tim Audit proyek pasar Larantuka untuk menyelesaikan proses pemeriksaan mereka dalam bentuk laporan.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, proyek pasar Larantuka yang memanfaatkan Dana Tugas Pembantuan  dengan nilai kontrak Rp 9 M lebih tersebut, hancur ketika badai menerjang kota Larantuka pada 5-9 Pebruari 2017 silam.

Beberapa titik dari los pasar yang dibangun dengan konstruksi baja ringan tersebut rusak parah. Kerusakan yang lalu dikemas dalam modus kejadian luar biasa itu tidak menyurutkan semangat Wakilbupati Agus Boli  untuk mengamini  tradisi pemakluman bencana itu. Sembari membandingkan dengan kondisi pemukiman di sekitar lokasi pembangunan proyek pasar itu yang tidak terganggu akibat terjangan badai, Wakil Bupati Agus Boli lantas  menyimpulkan ada ketidakberesan yang sedang “menari” dalam proyek yang dikerjakan oleh PT Jaflorindo Utama tersebut.

Terhadap kejanggalan-kejanggalan yang tampak pada fisik bangunan pasar itu, Wakil Bupati Agus bahkan siap membangun koordinasi dengan BPK untuk melakukan audit.

Sedangkan terkait audit internal,Wakil Bupati Agus Boli langsung memberi perintah kepada Irda Flotim untuk menelusuri seluk-beluk proyek tersebut.

“Sesuai kode etik kepengawasan, kami tidak bisa membeberkan hasil pemeriksaan. LHP akan kami serahkan kepada Bapak Bupati dan selanjutnya Bapak Bupati­­-lah yang akan menyampaikannya kepada publik. Paling lama 7 hari dari sekarang, LHP proyek pasar itu akan kami terbitkan,” tandas Ahmad Bethan.(Emnir)

Editor: Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment