Daki Gunung Agung Tiga Turis Jerman Jatuh ke Jurang, Selamat Penuh Luka

Foto:bnn/ist.

Karangasem/BaliNewsNetwork-Terge Zense (17) wisatawan asing asal Jerman beserta dua orang rekannya Ricet Sremaem (19), dan Fransiskus Bermaum (19), terpeleset dan jatuh ke dalam jurang sedalam 15 meter lebih, saat mendaki Gunung Agung, di Karangasem, Bali, Kamis (03/08) dini hari.

Informasi dari Basarnas Bali menyebutkan, korban bersama dua orang rekannya berangkat melakukan pendakian melalui jalur Pura Pasar Agung, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem, sekitar pukul 02.00 Wita, dini hari tadi tanpa pemandu.

Pendakian tersebut merupakan pendakian kali pertama korban dan rekannya, sayang di tengah cuaca buruk korban pun mengalami nasib nahas, beruntung korban berhasil dievakuasi oleh petugas gabungan.

“Memang cuaca di atas kurang bersahabat, kabut tebal dan terjadi hujan sehingga jarak pandang kami terbatas. Itu cukup menyulitkan kami untuk melakukan evakuasi,” ujar I Wayan Dek Edi Wiranatha, Koordinator lapangan Operasi SAR, dikonfirmasi Kamis (03/08).

Setelah melakukan pendakian selama hampir tiga jam, ujarnya Tim SAR gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi korban. “Korban kita temukan di ketinggian 2843 DPL, dengan kondisi luka dibagian kepala dan luka robek pada bagian tangan dan kakinya. Saat kita temukan, korban dalam keadaan sadar,” terangnya.

Sementara itu, dikabarkan jika ketiga wisatawan itu enggan menggunakan jasa pemandu. “Waktu itu kami sudah menyarankan agar tamunya itu (korban-red) menggunakan jasa pemandu, tapi mereka tidak mau katanya sudah membawa GPS,” ungkap I Ketut Dana, saksi pemandu pendakian yang pertama kali menemukan korban di dasar jurang.

Saat ini korban dan dua orang rekannya berada di RS Bali Med Karangasem untuk pemeriksaan lebih mendalam. (Sid)

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment