Satu Keluarga Balik Tamasya, Terjun Bebas ke Danau Batur, 3 Meninggal

Foto: bnn/ist.

Bangli/BaliNewsNetwork-Pertama kali dalam sejarah, sebuah mobil jenis Avanza terperosok ke jurang Danau Batur, tepatnya di tikungan baru atau disebut tikungan Cemara Landung, Desa Trunyan, Kintamani, Bangli Senin (17/7) sekitar pukul 16.00 Wita.

Diduga, mobil tersebut membawa satu keluarga asal Tangerang, Banten, yang baru kembali dari tamasya di Desa Trunyan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penangungan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangli Wayan Karmawan mengatakan, peristiwa itu baru kali ini terjadi di kawasan tersebut. Pihaknya hingga saat ini masih melakukan evakuasi terhadap korban. Menurutnya, kuat dugaan mobil terjun ke jurang disebabkan kondisi mobil yang mati.

“Ya, diduga remnya mati atau mungkin lupa narik rem belakang,” katanya dikonfirmasi, Senin (17/7) malam.

Foto: bnn/ist.

Foto: bnn/ist.

BPBD Bali hingga saat ini masih melakukan evakuasi terhadap korban dua orang. Posisi mobil juga, katanya, masih berada di dalam danau. BPBD masih menunggu tim SAR Denpasar yang masih dalam perjalanan.

“Karena jalan menuju ke bawah juga sedang macet total, ada truk tronton yang terjebak di jalan turunan tepat di jalan yang tergerus,” ungkapnya.

Informasi yang berhasil dihimpun dari BPBD Bangli, peristiwa itu diketahui oleh saksi atas nama Jaksa (Jack), Kaur Desa Trunyan. Menurutnya, jumlah penumpang yang ada di mobil tersebut sebanyak 7 orang.

Ia menambahkan, para korban diduga baru kembali dari obyek wisata Desa Trunyan. Kemudian sesampai di lokasi kejadian, kondisi jalan menanjak dan mendadak mobil mati.

“Karena dalam keadaan panik (perkiraan awal-red) sang sopir lupa memasang hendel pada mobil tanpa disadari mobil langsung meluncur ke jurang danau dengan kedalaman sekitar 50 meter,” tambah Kalaksa Bangli Wayan Karmawan.

Peristiwa ini menyebabkan 3 orang meninggal dunia, dengan rincian 2 perempuan, 1 laki laki. Saat ini pihaknya masih berupaya menangani 2 korban yang terjebak di dalam mobil.

“1 korban meninggal sudah dibawa ke RSUD Bangli, 2 orang masih terjebak dalam mobil, 2 orang luka berat, 2 orang luka ringan sudah dibawa ke RS. Diperkirakan korban terdiri dari satu keluarga,” paparnya.

Salah satu korban saat diberikan perawatan di RS Bangli. Foto: bnn/ist.

Korban di RSUD Bangli.

 

Karena medan agak sulit, pencarian dihentikan dan dilanjutkan besok, Selasa (18/7).

Inilah nama-nama korban:

Korban meniggal dunia:

  1. Muksin Maradona (30).
  2. Rita Ningsih (50).
  3. Marpuah (65).

Korban selamat:

  1. Kenzi (2).
  2. Septia Dwi Cahaya (10).

Sementara dua korban lagi diperkirkan masih terjebak dalam mobil yakni Mistahul Jana (25) dan Adinda Nazuakarisma (13).  (sid)

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment