Brigpol Krispianus Raih Penghargaan – Berjasa Entaska Buta Aksara di Perbatasan RI – Timor Leste

Brigpol Krispianus Ola Komek emndapat pengharagaan dari Kapolres belu yang diserahkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Belu. BNN/Amar Ola Keda

Kupang/BaliNewsNetwork-Brigadir Krispianus Ola Komek, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Kakuluk Mesak, yang menjadi guru bagi warga buta aksara di Desa Kenebibi, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, mendapat penghargaan dari Kapolres Belu AKBP Yandri Irsan.

Brigadir Krispianus yang biasa disapa Kresna ini memperoleh penghargaan atas prestasi dan keberhasilannya dalam mengajak dan mengajar masyarakat Desa Kenebibi belajar membaca, untuk menuntaskan buta aksara di tapal batas NKRI-RDTL di Motaain.

“Penghargaan berupa piagam dan diserahkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Belu pada saat upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-71 di lapangan simpang lima Atambua, Senin (10/7),” ujar Kapolres Belu, AKBP Yandri Irsan kepada wartawan, Kamis (12/7/2017).

Kapolres Yandri berjanji akan memberikan bantuan sarana dan prasarana belajar mengajar kepada Brigadir Kresna.

“Bantuannya berupa buku dan alat tulis. Terus berkarya dan lakukan setiap tugas dengan ikhlas tanpa pamrih, dan buatlah keberadaan Bhabinkamtibmas bermanfaat bagi masyarakat yang selalu dibutuhkan oleh mereka,” harap Yandri.

Brigadir Kresna mengatakan, apa yang ia lakukan semata-mata untuk mengubah pola pikir masyarakat yang masih tergolong terbelakang.

“Di sini SDM-nya rendah sekali karena kebanyakan eks Timtim yang tahun 1999 mengungsi di sini. Terus karena SDM-nya rendah, dampaknya ke anak-anak, jadi anak anak juga buat masalah, buat apa segala macam juga dibiarkan seperti itu saja, makanya saya bentuk ini komunitas buta aksara ini, supaya maunya mengajarkan mereka biar bisa tahu tulis, tahu baca. Di balik itu juga kita bimbingi mereka supaya bisa sampaikan kepada anak-anak mereka jadi awalnya seperti itu,” ungkap Brigadir Kresna.

Menurutnya, penghargaan yang diterimanya dijadikan sebagai motivasi untuk tetap semangat membagikan ilmu kepada warga perbatasan di sela-sela tugasnya sebagai anggota Bhabinkabtimas.

“Saya sangat berterima kasih dan bersyukur atas pengahargaan ini. Pengahargaan ini sebagai motivasi buat saya ke depan dan juga motivasi buat rekan-rekan Bhabinkamtibmas yang lainnya,” imbuh Kresna. (Amar Ola Keda)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment