Kuda dan Parang  Kado Untuk Jokowi di Sumba

Presiden Jokowi  mengenakan pakaian adat Sumba bersama Bupati SBD Markus D. Tallo meniki tangga menuju panggung utama arena pembukaan Festival 1001 Kuda Sumba dan Parade Tnun Ikat Sumba. BNN/IST

Kupang/BaliNewsNetwork-Suatu kebahagiaan tersendiri bagi Presiden RI dan Ibu Irina yang menjadi tamu kehormatan di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) saat mengunjungi Pulau Sumba dalam rangka Festival Tenun Ikat dan Parade 1001 Kuda di Sumba, Rabu (12/7) di lapangan Galu Tama SBD.

Kedatangan Presiden Jokowi di Tambolaka, ibukota Kabupaten SBD mendapat hadiah darai masyarakat SBD berupa seekor kuda Sumba dan sebilah parang Sumba.

Bupati Sumba Barat Daya, Markus D. Tallo mengatakan, hadiah tersebut merupakan hadiah dari masyarakat SBD kepada Presiden RI karena sudah mengunjungi Pulau sumba. Hadiah tersebut juga sebagai lambang dukungan kepada Presiden dalam memimpin Bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

“Kami memberikan hadiah kuda dan parang kepada presiden sebagai lambang kasatria dan kami juga meminta presiden RI menjadi rato (sesepuh Sumba),” ujar Bupati Markus.

Bupati juga menjalaskan, kuda merupakan lambang kesatria bagi pria Sumba dan juga menjadi belis untuk perempuan sumba. Parang merupakan tanda kemenangan dalam perang bagi pria Sumba. Oleh karena itu dengan hadian kuda dan parang tersebut mendukung kesatria dari presiden dalam memimpin Bangsa Indonesia yang lebih bermartabat.

“Dengan lambang kesatria dari kuda dan parang, presiden tetap semangat dalam memimpin Bangsa Indonesia dan juga terus berkerja dan memperhatikan masyarakat yang membutuhkan perubahan,” katanya.

Presiden RI Ir. Jokowi Dodo menyambut bangga dengan hadiah yang di berikan dan Presiden langsung menunggang kuda yang di hadiahkan kepadanya. (Amar Ola Keda)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment