Perayaan Idul fitri di Larantuka: Ramadhan Adalah Syarul Tarbiyah, Membangun Flotim Menjadi Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur

Suasana sholat Idul Fitri di Larantuka. BNN/Eman Niron

Larantuka/BaliNewsNetwork.com- Perayaan Idul Fitri 1438 H/2017 M di kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Minggu (25/6) berjalan penuh hikmad. Suara Imam Drs. Muhamad Arsab Ratuloli yang diikuti dengan Bilal Yakob Usman serta lantang bergemuruh suara Ustad Akhmad Kabir, S.Pd.I, yang bertindak sebagai Khotib dalam perayaan Kemenangan itu menambah khusyuk shalat Id di kota Larantuka itu.

Dalam khotbanya, Ust. Akmad Kabir menggemakan ajaran Rasulullah SAW dalam kaitan dengan hakikat serta berkat bulan Ramadhan yang berpuncak pada Hari Kemenangan (Idul Fitri ).

IMG_7604Salah satu keutamaan Ramadhan adalah ia hadir sebagai Syahrul Tarbiyah atau bulan Pendidikan dan latihan. Banyak hal yang menjadi pendidikan selama bulan Ramadhan, demikian Ust.Akhmad dalam kotbahnya, di antaranya adalah mengendalikan nafsu perut dan nafsu syahwat, melatih kejujuran, mempererat Hablum Minallah dan Hablum Minannas

Dalam kaitannya dengan kehidupan sosial kemasyarakatan di tanah Lamaholot Flores Timur, Da’i muda di tanah Maluku tersebut secara tegas meminta semua umat muslim yang berdiam di bumi Lamaholot itu untuk senantiasa mencintai lewo tanah Flotim serta bersama-sama membangun Flotim menjadi baldatun toyyibatun warobbun ghofur.

Di penghujung kotbahnya, Ust.Akhmad pun tak lupa mengajak kaum muslimin-muslimat di kota Larantuka untuk bersama-sama mendaraskan doa bagi Lewo Tanah Flores Timur. (Emnir)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment