Orang Muda Harus Pastikan Dirinya Bermanfaat

Bupati Anton Hadjon saat memberi sambutan dalam acara pelatihan mangajemen organisasi kepemudaan.BNN/Eman Niron

Larantuka/BalinewsNetwork.com-Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST tak henti-hentinya menggaungkan semangat perubahan dalam diri kaum muda. Tampil sebagai pembicara dalam kegiatan Pelatihan Managemen Organisasi Kepemudaan  Zona II Tingkat Propinsi NTT yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Propinsi NTT di aula Hotel Fortuna pada Rabu (21/6), Bupati Anton Hadjon mengajak kaum muda yang berasal dari Lembata, Flotim dan Sikka  untuk menjadi pribadi yang berguna baik bagi dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat.

“Berorganisasi jangan lihat soal jumlah namun pastikan itu bermanfaat. Organisasi adalah sarana untuk pengembangan diri, belajar untuk merajut kebersamaan, melatih diri untuk bekerja sama, toleransi. Jalankan kepercayaan yang telah diberikan. Diri sendiri harus bisa pastikan bahwa keberadaannya sungguh bermanfaat baik untuk dirinya sendiri dan orang lain,” ujar Anton Hadjon memompa semangat para peserta.

Dalam konteks Flores Timur, mantan Wakil DPRD Flotim dua periode tersebut  secara terperinci  menguraikan 2 langkah strategis dalam misi penyelamatan kaum muda.  Dua langkah tersebut  adalah memotivasi kaum muda untuk memastikan dirinya memiliki  pekerjaan (mampu menciptakan lapangan pekerjaan ) dan tersedianya sarana olah raga yang memadai.

“Harus ada kemauan dari dalam diri kaum muda. Setelah ada kemauan, kita bangun motivasi dan diikuti dengan pelatihan-pelatihan dan pemberian modal. Kita bangkitkan kemauan untuk kerja, menciptakan lapangan pekerjaan. Kita berikan perhatian kepada usaha-usaha pribadi. Usaha-usaha yang sama, kita  kelompokkan dan disuport dengan dana hibah. Pemda berkewajiban menjaga dan melindungi usaha-usaha itu agar tetap hidup,” tandas Bupati Anton.

Baupti Anton  menambahkan,  untuk program penyediaan sarana olah raga yang memadai, pihaknya akan terus membenahi fasilitasi olah raga  baik yang ada di desa maupun   di kota.

Menurutnya,  sarana olah raga yang memadai  dapat meningkatkan intensitas berkumpulnya masyarakat terutama kaum muda dalam pengembangan minat dan bakat mereka.

“Berkumpul untuk kegiatan-kegiatan positip. Berkumpul untuk anjang prestasi, selain untuk menciptakan kebugaran badan atau kesehatan. (Emnir)

Editor: Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment