Mudik Gratis, Pemkab Tabanan Siapkan 12 Armada Bus

Ilustrasi mudik lebaran. Foto: bnn/ist.

Tabanan/BaliNewsNetwork-Pemerintah Kabupaten Tabanan kembali menyediakan layanan mudik gratis bagi umat muslim Tabanan yang akan merayakan Idul Fitri di kampung halamanya.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan I Made Agus Hartawiguna, Minggu (11/6). Dijelaskanya, untuk tahun ini pihaknya menyediakan 12 bus  untuk mudik gratis. “Kami siapkan 12 bus untuk mudik gratis tahun ini yang akan digelar Senin tanggal 19 Juni,” jelasnya.

Pihaknya berharap kepada masyarakat muslim yang ingin menggunakan layanan mudik gratis agar segera mendaftarkan diri ke Pemerintah Kabupaten Tabanan atau bisa langsung ke Dinas Perhubungan Tabanan.

Sedangkan untuk tahun 2016, Pemkab menyediakan sebanyak 10 armada bus untuk program mudik gratis. Saat itu mudik gratis dilepas langsung oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti.

“Program ini merupakan salah bentuk kepedulian Pemkab Tabanan khususnya kepada warga muslim yang melakukan mudik untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri atau bersilaturahmi di kampung halamannya,” jelas Bupati Eka saat melepas mudik gratis tahun lalu di depan kantor Bupati Tabanan.

Pihaknya mengatakan, program mudik gratis ini diharap mampu menekan kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi pasca lebaran sehingga pemudik dapat menuju kampung halamannya dalam keadaan sehat dan selamat. “Dengan adanya program mudik gratis ini saya harap dapat meringankan beban pemudik, agar dapat berkumpul dan merayakan Idul Fitri bersama keluarga,” jelasnya.

Dirinya menambahkan  kegiatan ini merupakan wujud saling menghormati, dan menciptakan kerukunan beragama, yang mana tertanam dalam Pancasila yakni sila pertama. “Menghormati dan menciptakan kerukunan beragama merupakan cita-cita pendiri bangsa kita yang sesuai dengan Pancasila. Dengan adanya toleransi, serta sikap saling hormat-menghormati antar keyakinan masing-masing akan ada kemenangan dan kedamaian,” pungkasnya. (ram)

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment