Petinggi Kedutaan Besar Jepang Kunjungi STIKOM Bali

Dari kiri: Koichi Ohashi (tidak tampak), Hiroshi Chiba, Ryo Nakamura, Prof. Made Bandem, Marlowe Bandem, IB. Dharmadiaksa, Dadang Hermawan, dan Mae Okada. BNN/RSN

Denpasar/BaliNewsNetwork-Tiga petinggi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Jumat (02/06) mengunjungi STIKOM Bali. Ketiga petinggi tersebut adalah Direktur Pusat Informasi dan Kebudayaan Kedutaan Besar Jepang di  Jakarta Ryo Nakamura,  Konsul jenderal Jepang di Bali Hiroshi Chiba dan Wakil Konsul Jenderal Jepang di Bali Koichi Ohashi.

Mereka diterima oleh Prof. Dr. I Madae Bandem, Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti (WDS)-yang menanungi STIKOM Bali, Ketua Yayasan WDS Drs. Ida Bagus Dharmadiaksa, M.Si., Ak., Wakil Ketua Yayasan WDS I Made Marlowe Makaradhwaja Bandem, B.Bus., dan Ketua STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan, serta seorang mahasiswa STIKOM Bali keturuan Jepang yakni Mae Okada.

Dalam pertemuan itu,  Ryo Nakamura menyampaikan tentang rencanan perayaan 60 tahun hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia yang akan dilaksanakan pada 20 Januari 2018.

“Acara puncaknya secara nasional diadakan di Jakarta tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mengadakan acara serupa di Bali,” kata Ryo Nakamura. “Itulah makanya kami ke STIKOM Bali menyampaikan hal ini, jika nantinya jadi diadakan di Bali agar STIKOM Bali bisa berpartisipasi,” lanjutnya.

Menanggapi rencana perayaan 60 tahun hubungan persahabatan Indonesia – Jepang di tersebut, Prof. Bandem mengatakan pada prinsipnya STIKOM Bali siap berpartispasi dalam acara tersebut.

“Kami  berterima kasih atas kunjungan dari Kedutaan dan Konsul Jepang ini dan kita siap berpartisipasi memeriahkan acara 60 tahun pershabatan Indonesia – Jepang,” kata Prof. Bandem.

Selain itu, Prof. Bandem juga menjelaskan kiprah STIKOM Bali selama ini, sebagai kampus ICT terbaik di wilayah Indonesia timur, yang tak hanya piawai di bidang ICT tetapi juga piawai mengolaborasikan seni dan budaya dengan ICT. Seperti tampil dalam event budaya terbesar dan terkenal yakni Pesta Kesenian Bali dan Bali Mahalango

“Di kampus kami juga ada unit kegiatan mahasiswa, namanya JCOST atau Japan Community of STIKOM Bali. Yakni kelompok mahasiswa yang gandrung dengan seni dan budaya Jepang,” terang Dadang Hermawan, sambil menyebut salah agenda JCOS adalah mengadakan Japan Festival setiap tahun dan untuk tahun 2017 ini akan digelar Sabtu (03/06) dan dihadiri oleh Konjen Jepang di Bali Hiroshi Chiba.

Pada kesempatan tersebut Konjen Jepang di Bali Hiroshi Chiba menyampaikan rencana kunjungan para mahasiswa dari berbagai universitas di Prefektur Kumamoto, Jepang ke Bali.

“Kami merekomendasikan agar mereka (mahasiswa Jepang-red) juga berkunjung juga ke STIKOM Bali,” kata Hiroshi Chiba.

Terhadap rencana kunjung mahasiswa Jepang ini, Dadang Hermawan mengatakan siapa menerima.

“Kami senang kalau dikunjungi mahasiswa asing, apalagi mereka ke sini karena rekomendasi Konjen Jepang di Bali, Pak Hiroshi Chiba,” kata Dadang Hermawan. (rsn)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment