PMKRI Sikka Bhakti Sosial Membersihkan Sampah di Pasar  Maumere

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam PMKRI Cabang Skka membersihkan sampah di Pasar Alok Maumere. BNN/Yunus Atabara

Maumere/BaliNewsNetwork-Dalam rangka mengenang Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2017, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Sikka menggelar bakti sosial dengan membersihkan sampah-sampai di pasar tradisional di kota Maumere.

Kegiatan ini sebagai wujud kebangkitan semangat pemuda untuk berkontribusi dalam membangun daerah, bangsa dan negara, sesuai semangat Budi Utomo yang merupakan simbol yang tepat untuk menggambarkan bangsa Indonesia bangkit dari sebuah keterbelakangan dan keterpurukan

Disaksikan BNN Sabtu (20/5/2017) sejak pukul 06.30 Wita, hingga pukul 10.00 Wita terlihat para mahasiswa mulai menyerbu sampah di berbagai sudut pasar dan drainase di wilayah Pasar Alok. Sampah-sampah pasar diangkut menggunakan armada mobil sampah dan motor tiga roda  untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Ketua DPC PMKRI Sikka Martinus Laga Muli yang ditemui di sela sela acara bersih sampah di Pasar Alok mengatakan, langkah yang dilakukan oleh PMKRI Cabang Sikka selain memperingati Hari Kebangkitan Nasional, juga sebagai rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Ulang Tahun PMKRI yang ke-70 yang jatuh pada tanggal 25 Mei 2017 mendatang.

Menurut Ketua DPC PMKRI Sikka ini, hal terpenting dari kegiatan bakti sosial ini adalah  untuk membangkitkan semangat berkontribusi  ‎dalam membangun daerah, bangsa dan negara. Menurutnya,  para  pendiri bangsa Indonesia seperti organisasi Budi Utomo yang kemudian ditetapkan pada tahun 1948 oleh Presiden Sukarno sebagai hari kebangkitan pemuda melawan penjajah.

“Kalau para pendahulu kita bangkit dan bersatu melawan penjajah, ‎tetapi saat ini para pemuda harus menjadi pelopor dalam kebangkitan dari sebuah keterpurukan dan kemiskinan. Hal itu dimulai dari hal kecil seperti bersih sampah dalam menjaga kebersihan lingkungan kita,” katanya.

HARKITNAS-PMKRI SIKKA1Selain aksi bersih sampah, PMKRI Cabang Sikka juga akan menggelar aksi sosial dan kemanusiaan lainnya seperti donor darah bekerja sama dengan PMI Sikka, serta berbagai aksi sosial lainnya. Hal itu sebagai bagian dalam membangkitkan semangat dan pembentukan karakter para pemuda dalam  dalam berkontribusi kepada daerah.

Secara terpisah Ketua Fraksi NasDem DPRD Sikka Silferius Florentinus Angi, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh PMKRI yang sensitif tidak saja dalam melakukan pengawasan dan kontrol terhadap kebijakan pemerintah dalam membangun daerah, tetapi mampu menjadi teladan dan menjadi pelopor aksi social, mulai dari aksi bersih sampah sampai pada aksi kemanusiaan donor darah untuk sesama yang membutuhkan

“Langkah PMKRI Sikka harus menjadi contoh bagi yang lainnya, agar sebagai aktivis tidak hanya demo kepada kebijakan pemerintah tetapi mampu menjadi pelopor aksi sosial dan aksi kemanusiaan,” kata pria yang akrab di sapa Siflan Angi. (Yunus Atabara)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment