Mendorong Semangat Prajurit, Dandim Pimpin Langsung Pekerjaan TMMD di Sikka

Dandim Sikka Letkol Inf. Abdulah Jamali di atas alat berat. BNN/Yunus Atabara

Maumere/BaliNewsNetwork-Untuk mendorong semangat prajurit TNI dan seluruh komponen yang terlibat dalam kegiatan TMMD ke-98 di Desa Darat Pantai, Kecamatan Talibura, Dandim 1603 Sikka Letkol Inf. Abdullah Jamali, yang bertindak sebagai Dansatgas TMMD ke-98, terjun langsung memimpin pekerjaan fisik seperti pembukaan jalan baru sepanjang 2,9 km yang menghubungkan Desa Darat Pantai dan Desa Bangkoor di Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka, Rabu (19/4/2017).

Kehadiran Dansatgas TMMD ke-98 tahun 2017 di lapangan itu mampu membakar semangat puluhan prajurit TNI dan seluruh komponen masyarakat yang terlibat dalam  aksi TMMD.

Letkol Inf. Abdullah Jamali dalam memonitor pekerjaan fisik tersebut langsung mendamping operator alat berat saat melakukan pembukaan jalan serta melakukan pembersihan di beberapa titik jalan yang sudah dibuka.

“Saya perlu hadir di tengah para prajurit untuk memberikan semangat dalam aksi TMMD, selain itu saya ingin melihat langsung perkembangan pekerjaan untuk dilaporkan ke jenjang yang lebih tinggi terkait perkembangan pekerjaan fisik dan pekerjaan non fisik yang dilakukan TNI selama TMMD,” kata Abdullah Jamali.

Dandim Sikka Letkol Inf Abdulah Jamali memantau anak buahnya

Dandim Sikka Letkol Inf Abdulah Jamali memantau anak buahnya

Lebih jauh Dandim 1603 Sikka menyampaikan bahwa sebagai Dansatgas TMMD Ke-98 Kodim 1603/Sikka sejak pra TMMD, sampai pada acara pembukaan dan  selama kegiatan pekerjaan sasaran TMMD, selalu bersama-sama dengan prajurit TNI di lapangan dengan tujuan untuk memberikan dorongan dan semangat.

Untuk perkembangan pekerjaan fisik hingga saat ini menurut Dandim 1603 Sikka menyebutkan bahwa  pembukaan jalan sepanjang 2.900 m dengan lebar 6 m, sudah mencapai hasil 2.587,5 m (89,22%). Sedangkan sasaran lainnya seperti pembangunan turap badan jalan sepanjang 1.226 m, sudah mencapai 1.097,68 m (89,53%). Pekerjaan timbunan galian C sepanjang 613 m dengan lebar 7 m dengan tinggi 0.5 m, sudah mencapai hasil 82,3%.  Sedangkan pembangunan cross way  baru mencapai 15%.

Mengenai kegiatan non fisik dalam rangkaian kegiatan TMMD ke- 98 tahun 2017  seperti sosialisasi, hukum dan Kamtibmas oleh Polres Sikka dan Pol Airud Polda NTT dengan jumlah peserta 95 orang di Desa Darat Pantai dengan pointers pengarahan tentang Undang Undang KDRT, asusila dan miras, serta larangan penangkapam ikan dengan menggunakan potassium dan bom.

Menurut Dandim, seluruh komponen yang terlibat dalam TMMD ke-98 tahun 2017 di Desa Darat Pantai, yakni TNI AD 115 orang, TNI AL  10 orang, TNI AU 2 orang, dari unsure Pemerintah Kabupaten Sikka sebanyak 23 orang, serta tenaga masyarakat yang bergabung dalam aksi TMMD setiap harinya 50 orang di luar nominatif Satgas TMMD. (Yunus Atabara)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment