TMMD Mempererat Hubungan TNI dan Masyarakat

Anggota TNI Membantu menarik kapal nelayan hingga berlabuh dengan aman. bnn/yunusatabara

Maumere/BaliNewsNetwork-Melalau program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98, yang dirangkai dalam berbagai bentuk kegiatan, baik  pekerjaan fisik berupa pembukaan jalan sepanjang 2900 meter, pembangunan crosway dan turap pengaman jalan, juga kegiatan lainnya seperti penyuluhan KB, pemutaran film dokumenter tentang bela negara, serta berbagai kegiatan sosial lainnya, guna mempererat hubungan antara TNI, khususnya dari Kodim 1603 Sikka bersama masyarakat, lebih khususnya lagi masyarakat  Desa Darat Pante, Kecamatan Talibura, yang menjadi  sasaran TMMD tahun 2017 di Kabupaten Sikka.

Seorang warga Napung Gelang, Desa Darat Pante, ‎Mustamin mengatakan, kehadiran TNI melalui program TMMD ke-98 di wilayah itu mengahapus sebuah stigma di masyarakat bahwa TNI yang dikenal sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, dikenal kejam dan bringas. Hal itu sering membuat masyarakat segan bahkan takut terhadap TNI.

“Selama ini masih ada masyarakat yang takut kalau melihat TNI. Dulu, kami kalau lihat tentara yang berseragam lengkap lari dan sembunyi. Tetapi melalui berbagai program TNI yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, membuat masyarakat semakin dekat dengan TNI,” kata Mustamin

Mustamin menyampaikan, salah satu kepedulian TNI adalah di saat dirinya baru pulang mencari ikan di laut, Sabtu (15/4/2017). Saat kapal miliknya kandas di karang. Puluhan TNI yang saat itu sedang kegiatan TMMD langsung membantu menarik dan mendorong kapalnya yang karam sehingga bisa berlabuh di pantai Tanjung Darat.

“Kalau saya tidak dibantu oleh TNI, saya pasti harus keluarkan biaya untuk meminta kapal nelayan lainnya  menarik kapal saya, saya sangat berterimakasih kepada TNI,” kata Mustamin

Salah seorang siswa SMK Talibura, Alimudin (17) menilai melalui sosialiasi bela negara yang disampaikan oleh TNI dari Kodim 1603 Sikka selain mempererat hubungan masyarakat dan TNI, juga membuat para siswa mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA di wilayah itu untuk bercita-cita menjadi prajurit TNI.

“Kedekatan TNI dan masyarakat membuat kami sebagai pelajar pingin kelak jadi tentara. Baru-baru ini ada beberapa teman saya yang dikirim oleh Kodim 1603 Sikka ke‎ Mabes TNI di Jakarta untuk belajar teritorial dan ilmu bela negara,” kata Alimudin

Secara terpisah, Dandim 1603 Sikka Letkol Inf. Abdulah Jamali mengatakan, dalam kondisi dan situasi apapun TNI selalu peduli dengan lingkungan di mana ditugaskan.

Seperti hanya saat personel Kodim 1603/Sikka sedang melaksanakan pekerjaan TMMD TNI di Desa Darat Pantai, ada sebuah kapal nelayan sedang kandas sehingga saat itu personel TNI membantu mendorong untuk mengeluarkan kapal nelayan tersebut.

“Dalam situasi apapun dan di manapun TNI selalu siap membantu masyarakat. Seperti halnya saat mendapat informasi ada kapal nelayan yang kandas, TNI langsung mengambil bagian untuk membantu mengeluarkan Kapal tersebut,” kata Abdulah Jamali, Dandim Sikka. (Yunus Atabara)

EditorL Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment