Transportasi Maumere – Larantuk dan Ende Putus

Para penumpang terpaksa menggunakan jasa ojek untuk mengangkut barang bawaannya saat melintasi jembatan Wairbleler. bnn/yunusatabara

Maumere/BaliNewsNetwork-Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Sikka Minggu (2/4/2017) sejak pukul 03.00 Wita dini hari, menimbulkan banjir yang cukup besar di beberapa titik wilayah Kabupaten Sikka. Akibatnya, jembatan Wairbleler dan Roimeting putus serta puluhan rumah terendam banjir.Jembatan darurat yang sedang dibangun peningkatan jembatan Wairbleler ruas jalan Maumere – Wairunu di Desa Hoder, Kecamatan Waigete, dan jembatan Roimeting ruas jalan Lianunu-Hepang, Desa Nita Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka putus total diterjang banjir bandang. Akibatnya akses transportasi baik Maumere Larantuka, maupun Maumere Ende putus macet total.

IMG_20170402_145957Pantauan BNN di dua lokasi tersebut, Minggu (2/4/2017) kendaraan yang berasal dari dua arah jembatan tersebut macet total. Rekanan terpaksa memasang gelagar dari kayu untuk titian sementara kendaraan roda dua dan para pejalan kaki. Polisi yang berjaga-jaga di dua lokasi jembatan sementara yang putus tersebut memberlakukan buka tutup bagi para pengendara roda dua dan pejalan kaki untuk melintas di titian gelagar dari kayu yang dipasang sementara.

Sedangkan para penumpang angkutan roda 4 atau lebih, dari dua arah tersebut terpaksa estafet untuk melanjutkan perjalanan untuk mencapai tujuan. Selain menggunakan jasa angkutan, para penumpang yang estafet juga menggunakan jasa motor ojek untuk melanjutkan perjalanan.

Carolin Corebima (38), salah seorang penumpang bus dari Larantuka tujuan Maumere, kepada BNN mengaku kecewa karena harus mengeluarkan uang lagi untuk sewa orang memindahkan barang-barangnya dari bus yang ia tumpangi dari Larantuka untuk dipindahkan ke angkutan ‎lain agar bisa melanjutkan perjalanan sampai Maumere.

“Tadi saya sewa orang, bayar Rp 200 ribu, kasih pindah barang-barang saya dari bisa Larantuka ke angkutan tujuan Maumere,” kata Corebima yang mengaku membawa hasil komoditi dari Larantuka untuk dikirim ke Jawa melalui ekspedisi di Pelabuhan L Say Maumere.

IMG_20170402_150012Secara terpisah Satker PPK 64, Maumere – Wairunu, Dirmala kepada BNN yang dikonfirmasi melalui telepon mengatakan, pembangunan jembatan Waibleler adalah proyek Los Segmen peningkatan jalan dan jembatan yang bersumber dari APBN Tahun anggaran 2017.

Menurut Dirmala, proyek peningkatan jembatan Wairbleler ruas jalan Maumere – Wairunu dikerjakan oleh PT Catur Perkasa Tunggal, sedangkan peningkatan jembatan Roimeting, ruas jalan Lianunu – Hepang dikerjakan oleh
PT Karunia Baru Ende selaku pemenang tender.

“Ini bencana, tidak faktor kesengajaan. Kita sudah berkoordinasi dengan rekanan agar segera pasang gelagar, agar akses transportasi kembali lancar,” kata Dirmala

Dirmala berjanji pihaknya sudah berkoordinasi dengan rekanan agar kedua jembatan sementara tersebut segera dipasang gelagar agar akses transportasi di dua aras jembatan sementara yang putus itu bisa normal kembali. (yun)

Editor: Rahman Sabin Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment