Pungut Uang Izin Layar, Petugas Syahbandar Benoa di OTT

Muhammad Eko Suryanto. Foto: bnn/ist.

Denpasar/BaliNewsNetwork- Petugas Syahbandar Otoritas Pelabuhan Benoa, Muhammad Eko Suryanto (45), ditangkap Direktorat Intelkam Polda Bali lantaran terbukti melakukan Pungutan Liar (pungli) terhadap sejumlah kapal di wilayah Sanur.

Informasi yang berhasil dihimpun, pelaku Muhammad Eko Suryanto ditangkap pada Selasa (7/3) sekitar pukul 10.30 Wita di pos pengawasan wilayah Sanur, Denpasar Selatan.

Eko Suryanto pria asal Tanjung Karang, pekerjaan pengawas tertib bandar dan tertib berlayar Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Benoa (KSOP), yang beralamat di Jalan Pulau Panjang 1 no.15 Denpasar, ditangkap saat yang bersangkutan menerima uang sebanyak Rp 100 ribu, dari Putu Rauh Suantar nahkoda boat Dreambeath.

Direktur Intelkam Polda Bali Kombes Sukawinaya, yang dikonfirmasi terkait penangkapan tersebut membenarkannya. Menurutnya, tersangka sudah sejak lama melakukan pekerjaan tersebut.

“Yang jelas setiap kapal yang akan ke Lembongan pada waktu urus izin layar dipungut uang lebih oleh yang bersangkutan,” ujarnya dikonfirmasi Selasa (7/3).

Dijelaskannya, saat itu Putu Rauh Suantar telah meminta surat izin berlayar ke Nusa Lembongan kepada yang bersangkutan tanpa disertai bukti.

“Setiap kapal yang akan berangkat sebelum mendapatkan surat persetujuan berlayar, membayar Rp 100 ribu dengan rincian Rp 75 ribu untuk vessel traffic system (VTS) dan clearance Rp 25 ribu, namun tidak ada bukti penerimaan uang,” bebernya.

Dan tersangka hanya melakukan pengecekan secara visual, percaya pada nahkoda kapal namun tidak mengecek jumlah penumpang, alat keselamatan dan lain sebagainya.

“Saat ini tersangka dan barang bukti akan diserahkan ke Reskrimum untuk dilaksanakan penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya.

Selain mengamankan tersangka, petugas juga menyita sejumlah barang bukti antara lain, uang tunai sebesar Rp 2.025.000, daftar laporan kedatangan dan keberangkatan kapal yang dicentang sebanyak 14 kapal dan blanko surat persetujuan berlayar kapal Mushroom Lembongan. (sid)

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment