Pagi Ramah Petani Bawang di Tengah Kota

Tanaman bawang merah milik ibu Maria Pedeng di tengah kota Maumere. bnn/amarolakeda

Maumere/BaliNewsNetwork-Kota Maumere, ibukota Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur tidak saja terkenal dengan potensi wisatanya. Salah satu kota di Pulau Flores ini juga memiliki hasil pertanian yang melimpah.

Sebagai daerah subur, kota ini dipenuhi pohon hampir di sepanjang jalan. Hijaunya pohon dan bunga-bunga  tertata rapi membuat kota ini selalu adem meski di musim panas. Tak heran, banyak warga kota yang berkebun di tengah kota.

Seperti dilakukan ibu Maria Padeng (60), warga Kelurahan Wailiti, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka. Dia memanfaatkan halaman rumahnya dengan membudidayakan bawang merah.

“Setelah panen saya tanam lagi. Setahun bisa empat kali tanam,” ujar Maria kepada wartawan, Selasa (28/2/2017).

Dia tertarik membudidayakan bawang merah sejak menyaksikan salah satu acara tentang budidaya bawang di salah satu televisi yang menyiarkan tentang seorang petani yang sukses dengan budidaya bawang. Sejak saat itu, halaman rumah yang sebelumnya dipenuhi bunga, diubah menjadi pematang sawah.

“Saya mencaritahu cara budidaya bawang merah di internet. Untuk air Saya memanfaatkan air sumur,” kata ibu yang baru setahun membudidayakan bawang merah itu.

Bawang merah merupakan jenis tanaman holtikultura musiman yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Pada saat musim panen yang dilakukan secara bersamaan terkadang membuat harga bawang merah anjlok. Oleh karena itu perlu menanam bawang merah di luar masa tanam pada umumnya.

Budidaya bawang merah di luar masa tanam perlu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan bawang merah di pasaran. Apalagi daya tahan komoditas ini relatif singkat sehingga bila terjadi penumpukan akan terjadi pembusukan. Hal tersebut tentu akan merugikan petani yang membudidayakan tanaman ini.

“Untuk melakukan hal itu tentu dibutuhkan peran pemerintah dalam mengedukasi para petani yang menanam bawang merah,” harap Maria. (Amar Ola Keda)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment