Menjemput Pagi di Pantai Tolanamon Ujung Selatan Timor

Keindahan pantai Tolanamon. Foto: bnn/amar ola keda.

RoteNdao/BaliNewsNetwork- Keindahan pantai Tolanamon di Desa Inaoe, Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) belum banyak dikenali wisatawan lokal apalagi wisatawan asing. Pantai ini baru dikenal warga NTT sebulan lalu setelah seorang warga Desa Inaoe meng-uploud ke media sosial. Tak heran, saat ini setiap hari ribuan wisatawan lokal berkunjung ke tempat ini.

Pesona pantai Tolanamon seakan menyimpan selaksa magnet yang mampu menyedot perhatian dan mengobrak abrik dinding rasa para pemuja keindahan untuk segera berkunjung dan menikmati “keperawanan” pantai di tepian samudera indonesia itu.

Pantai Tolanamon1Pantai ini merupakan sebuah teluk yang menghadap ke arah samudera indonesia yang cukup ganas namun pengunjung tidak perlu kawatir karena posisi teluk tersebut menjorok jauh ke daratan dan diapit tebing-tebing karang yang kokoh di kedua sisinya sehingga teduh seperti kolam renang yang tenang dan bersih, aman untuk mandi dan berenang.

Kepala Desa Inaoe, Ferdinan Siokain mengatakan, pihaknya telah memprogramkan sejumlah anggaran dari Dana Desa untuk memperbaiki infrastruktur menuju pantai Tolanamon.

“Akses jalan  masih sekitar 300 meter menuju pantai, tahun ini lewat dana desa akan di kerjakan”, ujar Ferdinan kepada wartawan, Minggu (25/2).

Ferdinan mengatakan terkait pengelolaan dan penataan obyek wisata tersebut  masih perlu perhatian lebih lanjut agar tertata dengan baik dan dilengkapi fasilitas yang memadai demi kenyamanan wisatawan.

“Pantai ini nanti dikelola oleh Bumdes Desa Inaoe, sudah ada penyertaan modal untuk Bumdes, sehingga sudah tentu Bumdes akan memperhatikan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk kenyamanan pengunjung,” kata Ferdinan.

Sepanjang bibir pantai terdapat hamparan pasir putih yang bersih dihiasi pepohonan yang rindang dan menghijau, sesekali melintas camar laut sekadar ikut memberi warna di pantai Tolanamon.

Untuk mencapai pantai tersebut pengunjung dapat menggunakan mobil atau sepeda motor, dengan Jarak tempuh dari Ibu Kota Kabupaten Rote Ndao yakni Ba’a menuju Desa Inaoe sejauh 24 km.

Setelah tiba di Desa Inaoe pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju obyek wisata tersebut ke arah timur sekira 4 km, dengan kondisi jalan yang belum diaspal, namun semua kelelahan akan terbayar saat melihat kokohnya tebing karang seakan tersenyum sembari berkata selamat datang. Lalu kapan giliran Anda? (amar ola keda)

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment