Ribuan Komponen Rakyat Bali Desak Pemerintah Bubarkan Ormas Intoleran

Aksi demo ribuan warga yang tergabung dalam Komponen Rakyat Bali. Foto: balinewsnetwork/sid.

Denpasar/BaliNewsNetwork- Ribuan warga yang tergabung dalam Komponen Rakyat Bali mendesak pemerintah untuk membubarkan organisasi masyarakat (Ormas) yang dinilai intoleran seperti Front Pembela Islam (FPI), Hisbutahrir (HTI) dan Majelis Mujahidin Indonesia (MMI).

Aksi demo yang dibalut parade budaya ini dimulai dari massa yang konvoi dan menyuarakan agar FPI dibubarkan. Aksi dilanjutkan dengan berjalan kaki memutari Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, dengan diiringi bale ganjur dan aklung.

Kemudian mereka berkumpul dilapangan Niti Mandala Renon untuk mendengarkan orasi dari KH. Nuril Arifin Husen yang akrab disapa Gus Nuril yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Soko Tunggal, Semarang. Kemudian ribuan massa dengan dipimpin oleh I Gusti Ngurah Arta, koordinator aksi tersebut menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Bubarkan FPI, HTI, dan MMI. Organisasasi ini Ormas yang intoleran,” seru ribuan massa tersebut.

Menurut Gus Nuril, anak-anak bangsa sudah harus mulai menyadari ancaman, tantangan, gangguan, dan hambatan baik yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri segera diantisiapasi saat inilah perang suci melawan FPI yang akan menggantikan dasar-dasar negara.

“Negara yang mengutamakan hukum dan bernegara kalau ada suatu organisasi yang liar dan tidak taat kepada Undang-undang Dasar 1945 dan undang-undang dibawahnya maka harus dibubarkan,” tegasnya.

“Bila pemerintah Indonesia tidak bisa membubarkan organisasi masyarakat berarti pemerintah membiarkan rakyat untuk melakukan tindakan-tindakan sendiri kembali ke hukum rimba “asu gede menang kerahe” kami ini tidak sedikit,” pungkasnya.

Ormas yang turut melakukan aksi, tergabung dalam Elemen Masyarakat Bali ini diantaranya ada Sandhi Murti, Pecalang Seluruh Bali, Patriot Garuda Nusantara, Persekutuan Gereja Dan Lembaga Injil Indonesia, Persaudaran Hindu Muslim Bali,  Forum Komunikasi Paguyuban Entis Nusantara, Gerakan Pemuda Ansor Denpasar,  Ikatakan Keluarga Minahasa dan Ormas lainnya. (sid)

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment