Siswa Dituntut Tidak Hanya Cerdas, Tetapi Berperilaku Baik

Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera saat meresmikan laboratorium bahasa Ingggris SMPN 1 Maumere. bnn/yunusatabara

Maumere/Bali News Network-Dalam memajukan pendidikan saat ini, siswa siswi dituntut tidak saja kecerdasan otaknya dalam berpikir, tetapi juga dituntut harus berperilaku baik dalam bertindak. Karenanya itu, para siswa dan guru diharapkan dapat manfaatkan laboratorium yang ada secara baik guna meningkatkan kemampuan siswa dalam berkompetensi di bidang pendidikan.

“Para siswa siswi harus melakukan secara tulus iklas dengan satu tekad yang kuat untuk memiliki rasa ingin tahu sebagai landasan yang mendorong siswa siswi untuk terus belajar. Tidak saja pada saat jam pelajaran berlangsung tetapi siswa siswi harus mampu mewujudnyatakan dalam kehidupan sehari hari, karena itulah tugas utama lembaga pendidikan dalam mencerdaskan anak bangsa, sebagai langkah dalam mewujudkan satu Sikka yang mandiri dan sejahtera,” kata  Drs. Yoseph Ansar Rera, Bupati Sikka saat meresmikan Laboratorium Bahasa Inggris SMPN 1 Maumere, Sabtu (4/2/2017).

Dalam kesempatan itu Bupati Sikka mengapresiaisi  penyelanggaraan pendidikan di SMPN 1 Maumere dalam menyelenggarakan pendidikan yang selalu berupaya mendorong para siswa siswi untuk memiliki kompetensi. Untuk mencapai tingkat kompetensi tertentu, lanjut Bupati Ansar, maka meningkatkan pendidikan terhadap anak agar menjadi lebih baik menjadi suatu keharusan.

“Para siswa siswi tidak saja mempelajari ilmu pengetahuan yang ada dalam kurikulum yang tersedia, karena itu sangat terbatas, tetap perlu ada kiat–kiat lain untuk lebih mendalami ilmu pengetahuan, termasuk didalamnya pendidikan berkarakter,” kata Ansar

Bupati Ansar berharap, berbagai upaya yang diajarkan para guru adalah untuk  menciptakan siswa untuk memiliki keterampilan tertentu. Karena dari keterampilan itulah yang mampu membuat para siswa siswi dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya dan terutama dalam mengahadapi dunia luar.

“Hari ini di SMP Negeri 1 ini menyediakan satu laboratorium bahasa Inggris. Artinya setiap siswa  SMP Negeri 1  harus mampu berbahasa Inggris. Karena tidak cukup dengan kepintaran intelektual, tidak cukup hanya memiliki keterampilan tetapi harus memiliki moral dan perilaku yang baik, itu yang harus kita tanamkan kepada generasi penerus kita,” harap Ansar Rera.

Kepala Sekolah SMP Negeri I Vitalis Paskalis Sukalumba, S.Pd., dalam sambutannya menyampaikan,  lembaga pendidikan yang dipimpinnya mengembangkan empat kompetensi yaitu kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial dan kecerdasan estetika.

K-4 kompetensi pendidikan itu dikembangkan  dalam perjuangan menigkatkan mutu pendidikan sesuai visi SMPN I yakni unggul dalam prestasi yang berwawasan iman, taqwa dan budaya yang berfokus pada misi melaksanakan kerja sama yang harmonis dan saling menguntungkan dengan pihak – pihak di luar lingkungan sekolah.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas PKO Kabupaten Sikka Simon Subdisi, S.Sos, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Drs. Ekon Bernadus Ratu, Kepala Dinas Pariwisata Drs. Kensius Didimus, Camat Alok Timur Frando da Lopes, para guru serta siswa SMP Negeri I Maumere. (yun)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment