STAHN Mpu Kuturan  Singaraja Siap Mencetak Pendharma Wacana Handal

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin menandatangani prasasti peresmian berdirinya STAHN Mpu Kuturan Singaraja. bnn/dika

Singaraja/BaliNewsNetwork-Warga Buleleng dan daerah sekitarnya yang ingin kuliah di perguruan tinggi agama Hindu negeri dengan biaya yang terjangkau, sekarang tidak perlu lagi ke Denpasar. Di Singaraja sudah diresmikan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAH) Mpu Kuturan dengan Ketua Prof. Dr .Drs. I Made Suweta, M.Si.

STAHN Mpu Kuturan Singaraja berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, yang diresmikan pada Selasa, 22 Maret 2016 oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin di gedung Laksmi Graha Singaraja.

STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Bali, siap mencetak “Pendharma Wacana” atau pencerah agama handal yang mampu memberikan pemahaman keagamaan yang ilmiah.

Ketua STAHN Mpu Kuturan, Prof. Dr. Drs. I Made Suweta, M.Si di Singaraja,  mengatakan, masyarakat Hindu Nusantara membutuhkan para pencerah agama dengan modal pengetahuan ilmiah dan mampu mendobrak stigma-stigma di masyarakat yang selama ini menjadi pro dan kontra.

Menurut dia, semua pihak secara proaktif kolektif bersama-sama mendorong penyuluhan-penyuluhan agama di masyarakat sebagai salah satu upaya menanamkan pendidikan karakter agama di tengah merosotnya nilai moral generasi muda.

Dikatakan pula, STAHN  sebagai perguruan tinggi agama memiliki tanggung jawab mencetak orang-orang yang mampu menjadi pencerah agama. Pencerah yang bukan hanya memahami tataran ritual (upacara) saja tetapi juga tataran tatwa (filsafat).

Selain itu, kata dia, dewasa ini Hindu kekurangan para pendharma wacana handal dan berpengetahuan ilmiah yang mengacu pada sastra- sastra agama.

“Para pendharma wacana kita masih kebanyakan berbicara pada tataran ritual saja dan belum sepenuhnya mampu memberikan pemahaman ilmiah dengan acuan sastra Veda,” paparnya. (dika)

Editor: Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment