122 Kepsek Dipolisikan-Gara-gara Tahan Dana PIP

John Ricardo, Ketua Jenggala Center memperlihatkan surat laporan polisi.bnn/amarolakeda

Kupang/BaliNewsNetwork-Sebanyak 122 Kepala Sekolah (Kepsek) di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur resmi dilaporkan ke Polda NTT oleh tim relawan yang tergabung dalam Seknas Jokowi NTT dan Jenggala Center NTT dengan nomor laporan, LP/B/34/I/2017/SPKT, Selasa (31/1/2017. Laporan itu merupakan buntut dari penahanan bantuan PIP bagi para siswa oleh Kepsek.

Tim relawan didampingi penasehat hukumnya Roy Rening, Kornelis Kopong Sanga dan Eman Herdianto.

“Kami sudah membuat laporan ke Polda hari ini. Ada 80 SD, 20 SMP dan 22 SMA/SMK, totalnya ada 122 Kepsek yang kami laporkan terkait penyalahgunaan wewenang dalam jabatan,” ujar John Ricardo, Ketua Jenggala Center kepada wartawan, Selasa (31/1/2017).

Menurut John, pihaknya mempolisikan beberapa Kepsek karena terbukti melakukan perbuatan melawan hukum yang telah menahan hak anak sebagai penerima dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP).

Ketua tim penasehat hukum, Roy Rening mengatakan, dana bantuan PIP tidak perlu diverifikasi lagi karena sudah diverifikasi oleh pihak kementerian melalui Surat Keputusan (SK).

“PIP sudah menjadi hak anak karena nama siswa penerima bantuan sudah tertera di dalam SK di kementerian, sehingga sekolah tidak perlu beralasan harus verifikasi lagi,” tegas Roy.

Dia menambahkan, PIP merupakan program Presiden Jokowi sehingga penahanan hak siswa merupakan tindakan diskriminatif yang terstruktur oleh pemerintah Kota Kupang terhadap hak anak.

“Jika verifikasi dilakukan hanya mencocokan nama siswa apakah siswa itu benar sebagai penerima atau tidak. Hak anak jangan dipolitisasi,” kata Roy.

Pihaknya juga berencana mengadu ke Komnas HAM dan KPAI karena sikap Kepsek yang menahan dana bantuan PIP menyebabkan psikologi anak terganggu.

Dia menghimbau agar Gubernur NTT Frans Lebu Raya segera mengambilalih persoalan ini karena jika tidak akan menjadi momok di mata nasional. (Amar Ola Keda)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment