Korupsi Alkes SBD, Dua Terdakwa Dituntut 4,6 Penjara

Terdakwa Elisabeth Kaka (kiri) dan Obed Kondo Mete (kanan), korupsi Alkes pada Dinkes SBD. bnn/amarolakeda

Kupang/BaliNewsNerwork-Dua terdakwa kasus korupsi dana alat kesehatan (Alkes) di Dinas Kesehatan Sumba Barat Daya (SBD) NTT, Elisabeth Kaka dan Obed Kondo Mete masing-masing dituntut 4,6 tahun penjara dan denda Rp 50 juta dengan subsider tiga bulan penjara oleh  Jaksa Penuntut Umum (JPU) Andrew Keya dan Jon Lumban Gaol.

Dalam  sidang yang dipimpin ketua majelis hakim Jimi Tanjung didampingi dua hakim anggota, Gustaf Marpaul dan Ali Mohtarom ini, JPU menilai kedua terdakwa telah terbukti secara sah melakukan tindak pidana korupsi dan memperkaya diri sendiri yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 802.491.274.

Menurut JPU, perbuatan terdakwa melanggar pasal 1 dan 2 ayat (1) huruf a Undang-undang No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan terhadap Undang undang nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 1 ayat(1) jo Pasal 2 ayat (1) dan 2 dan pasal 5 ke-1 KUHPidana.

Selain itu, jaksa juga menilai kedua terdakwa melanggar pasal 3 ayat (2) huruf a Undang-undang RI nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang perubahan terhadap Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Hal yang memberatkan terdakwa, perbuatan terdakwa sebagai kepala dinas dan PPK tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi, terdakwa juga telah mengingkari sumpah jabatan dan pakta integritas untuk tidak melakukan korupsi, perbuatan terdakwa juga merusak citra dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan,” ujar JPU.

Menanggapi tuntutan itu, tim kuasa hukum terdakwa  yakni Melkianus Daomanu, Filmon Polin, dan Rian VF Kapitan akan mengajukan nota pembelaan pada sidang Senin (6/2/2017), pekan depan. (Amar Ola Keda)

Editor: Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment