NasDem Minta Polisi dan Jaksa Usut Pungli di SMAN I Maumere – Biaya Penulisan ijazah Rp 100.000 Per Siswa

Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Sikka. Foto: bnn/ist

Maumere/BaliNewsNetwork-Pendapat akhir Fraksi Partai NasDem dalam sidang DPRD Sikka menyoroti dugaan pungutan liar (pungli) di sekolah-sekolah tingkat SLTA dan SMK di Maumere. Salah satunya pada SMA Negeri I Maumere. Modusnya, berdasarkan hasil rapat guru dan orang tua murid  kelas 3,  sekolah itu meminta orang tua siswa mengumpulkan uang senilai Rp 100.000 per siswa untuk biaya penulisan ijazah.

Pendapat Fraksi NasDem yang diterima media ini, Minggu (1/1/2017) menegaskan,  beban penulisan ijazah bukan menjadi tanggung jawab orang tua tetapi menjadi tanggung jawab sekolah. Oleh karena itu, Fraksi NasDem meminta pihak aparat penegak hukum  Polres Sikka dan Kejaksaan Negeri Maumere  segera mengusut tuntas modus pungli atau pemerasan yang diduga dilakukan oleh pihak SMAN I Maumere kepada para orang tua siswa.

Menurut Fraksi NasDem, apa yang dilakukan oleh pihak SMA Negeri I Maumere patut diduga sebagai pungli atau pemerasan kepada orang tua wali murid. Menurut fraksi NasDem apabila pihak Polres Skka dan Kejaksaan Negeri Maumere tidak menelusuri, mengusut dan memproses dugaan tersebut, dapat diduga pula polisi dan jaksa mendukung adanya dugaan pungli dan pemerasan yang dilakukan oleh pihak SMA N I Maumere.

“Informasi ini disampaikan oleh salah satu orang tua murid, Yosef Fransisko, kepada fraksi NasDem, dari hasil pertemuan orang tua siswa dengan pihak Sekolah SMA N I Maumere,” kata Siflan Angi selaku Ketua Fraksi NasDem.

Selain SMAN I Maumere, Fraksi NasDem juga menyoroti kebijakan yang dilakukan SMK Frater Maumere, dimana siswa yang belum melunasi uang sekolah atau dana pendidikan lainnya  maka pihak sekolah memberikan sanksi dengan mengurangi durasi waktu mengikuti ujian smester selama 30 menit.

“Tindakan mengurangi durasi waktu 30 menit saat mengikuti ujian, itu melanggar hak anak untuk mendapatkan pendidikan,” tegas Silfan Angi. (yun)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment