Lawar Sarang Lebah Goyang Lidah Pengunjung Denfest

Pengunjung Denfest mencoba makan lawar sarang lebah. Foto: bnn/esa/humasdps

Denpasar/BaliNewsNetwork-Kurang lengkap rasanya jika mengunjungi Denpasar Festival (Denfest) tanpa mencoba  lawar nyawan di Warung Piring Mas. Warung yang menyajikan menu utamanya yakni lawar nyawan plus kuah nyawan ini, akan membuat lidah anda bergoyang.

Sajian lawar yang biasanya berbahan dasar ayam atau babi, kini diolah dengan bahan dasar sarang nyawan atau lebah madu. Lebah madu yang biasanya hanya dimanfaatkan untuk diambil madunya kini diolah dalam bentuk sajian lawar. Stand lawar nyawan ini dapat dijumpai di areal stand kuliner Denfest di depan Hotel Inna Jl. Veteran Denpasar.

Pemilik usaha kuliner lawar nyawan alias lawar sarang lebah, Ida Ayu Prita Putrayani mengatakan olahan kuliner lawar nyawan yang  telah dirintis sejak 15 tahun silam ini berbahan dasar umah nyawan atau sarang lebah madu.

“Pengolahannya kami lakukan dengan merebus sarang lebah madu dan hasil rebusannya itulah kami rajang untuk kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu basa genep yang resepnya spesial turun temurun di keluarga kami. Pada saat menghidangkannya kami biasanya menyajikan lawar nyawan lengkap dengan nasi hangat,  sate lilit dan kuah yang berisi nyawan juga.Di hari normal omzet yang kami dapatkan biasanya berkisar Rp 5 juta per hari dan pada saat event- event tertentu seperti Denfest ini bisa mencapai Rp 15 juta per harinya” ujar Ida Ayu Prita.

Benny, salah seorang pengunjung stand lawar nyawan mengatakan sangat menikmati kuliner sarang nyawan ini.

“Kuliner ini unik dan bahan dasarnya pun sangat jarang dijual di pasaran. “Dari rasanya pun sangat pas di lidah” ujarnya. (rsn/esa/humasdps)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment