Jelang Tahun Baru, Polda NTT Gelar Operasi Narkoba di Tempat Hiburan

Razia peredaran narkoba di sebuah kos para purel alias cewek orderan (CO) di Kota Kupang. Foto: bnn/amar ola keda

Kupang/BaliNewsNetwork-Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur menggelar operasi peredaran narkoba di tempat hiburan malam (THM). Operasi THM melibatkan personil gabungan dari TNI yakni dari POM AD, POM AL, POM AU, Badan Narkotika Provinsi (BNP) NTT dan Badan Narkotika Kota Kupang, Kamis (29/12/2016).

Pantauan wartawan, operasi ini narkoba dipimpin langsung Dirnarkoba Polda NTT Kombes Pol Turman Siregar, Kabid Dokes Polda NTT AKBP dr. Muhammad Haris dan Kepala BNP NTT Kombes Pol Anton Hutabarat.

Sebelum melakukan operasi peredaran narkoba di THM, tim gabungan melakukan apel di halaman Polda NTT. Operasi dijalankan dengan membentuk dua tim. Operasi gabungan dimulai pada pukul 00.00 wita. Lokasi pertama adalah THM Citra. Saat berada di THM Citra, petugas melakukan penggeledahan terhadap seluruh pengunjung termasuk purel alias cewek orderan (CO).

Selain melakukan penggeledahan terhadap pengujung dan purel, petugas melakukan pemeriksaan urine terhadap purel dan pengunjung. Bagi pengunjung, dilakukan test urine, jika pengunjung tersebut dicurigai menggunakan narkotika.

Dalam sidak itu, petugas hanya menemukan lima purel dari 22 purel yang bekerja di THM Citra. Salah satu purel THM Citra yang ketika ditanyai wartawan, mengatakan, teman-temannya sudah pada keluar karena sudah mengetahui akan adanya operasi.

“Semuanya sudah pada keluar tinggal kami berlima. Palingan operasinya sudah bocor, ” ujarnya sambil meminta namanya tidak ditulis.

Setelah dari THM Citra, petugas menuju kolasi THM Royal dan menemukan beberapa pria yang sedang minum ditemani purel. Beberapa pria tersebut langsung digeledah oleh petugas. Setiap purel yang ditemui di lokasi THM dikumpulkan di satu tempat untuk ditest urine.

Razia tempat hiburan malam di Kupang

Razia tempat hiburan malam di Kupang

Selanjutnya, operasi dilakukan di THM Sasando. Petugas hanya menemukan beberapa purel dan selanjutnya diperiksa dan ditest urine. Dari THM Sasando, petugas menuju ke THM Dancing Hall (DH). Petugas memeriksa seluruh pengunjung yang ada di setiap kamar karoke.

Dalam operasi di beberapa THM di Kota Kupang, petugas tidak menemukan narkotika jenis apapun. Selain penggeledahan badan, petugas turut membawa anjing pelacak yang ditugaskan melacak seluruh sudut bangunan THM untuk mencari narkotika jika ada yang berusaha menyembunyikan.

Dirnarkoba Polda NTT  Kombes Pol Turman Siregar, kepada wartawan mengatakan, operasi peredaran narkoba dilakukan berdasarkan instruksi dari Bareskrim Polri dengan melibatkan mitra Polri seperti TNI dan BNP NTT dan BNK.

“Operasi ini terpusat. Ada perintah dari Kabareskrim untuk setiap Polda melaksanakan operasi atau sweeping terhadap peredaran narkoba, ” ujar Kombes Turman.

Operasi tersebut bertujuan untuk mengantisipasi perayaan malam   tahun baru agar  berjalan aman.

Keterlibatan TNI dalam operasi tersebut, menurut Turman, agar dalam operasi jika ditemukan ada anggota TNI langsung diperiksa oleh kesatuannya masing-masing.

Dia berharap, masyarakat bisa melaporkan jika mengetahui ada warga yang menggunakan Narkoba.

Kepala BNP NTT Kombes Anton Hutabarat, mengatakan, operasi dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi menghadapi malam pergantian tahun.

Menurut Anton, dalam operasi tersebut, jika ditemukan pemakai positif maka akan direhabilitasi oleh BNP NTT. Namun hal ini ada penilaian dari Polda terkait siapa yang akan direhab dan harus ditindak berdasarkan klasifikasi pemakai baru, lama dan pengedar atau pemakai. (Amar Ola Keda)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment