Hari Ibu HKSN, dan   Bela Negara Diperingati Serentak

Penjabat Bupati Buleleng I Made Gunaja menyerahkan kursi roda. Foto: bnn/ina

Singaraja/BaliNewsNetworkPerjuangan dari para ibu-ibu atau para perempuan sudah ada sejak tahun 1928 hingga sekarang. Hal tersebut perlu ditingkatkan terus. Artinya, kesetaraan gender harus terus digaungkan. Jiwa dan semangat perempuan ini juga harus terus digalakkan. Hal tersebut dikatakan Penjabat Bupati Buleleng Ir. I Made Gunaja, M.Si saat ditemui usai menjadi inspektur upacara pada upacara peringatan Hari Ibu, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Bela Negara di Lapangan Umum Taman Kota Singaraja, Kamis (22/12).

Upacara ini diikuti oleh unsur TNI/Polri, mahasiswa, pegawai lingkup Pemkab Buleleng, Pramuka dan para siswa. Gunaja mengatakan perjuangan perempuan sudah ada sejak dulu. Hal tersebut perlu dimaksimalkan. Perjuangan dari ibu-ibu ataupun kaum perempuan ini juga berhasil mengisi pembangunan bangsa sekarang ini. Bagaimanapun juga semangat kaumperempuan ini juga berhasil membangun bangsa ini.

“Kesetaraan gender ini bukan merupakan upaya menyetarakan laki-laki dan perempuan, melainkan menyetarakan kesempatan. Kalau perempuan diberikan kesempatan, kemampuan dan kesanggupannya setara dengan laki-laki,” katanya.

Pada peringatan ini, juga diserahkan secara simbolis bantuan kursi roda sebanyak 24 buah. Menurut Gunaja, bantuan ini ditujukan untuk masyarakat yang mengalami kecacatan. Bantuan-bantuan seperti ini akan terus diusahakan  oleh Pemkab Buleleng untuk masyarakat yang membutuhkan. Selain kursi roda, Pemkab Buleleng juga memberikan bantuan berupa sembako.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng Drs. Gede Komang, M.Si menjelaskan bantuan kursi roda untuk penyandang cacat tersebut merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dari dua perusahaan, yakni  BPJS Kesehatan dan Puspadi. BPJS Kesehatan menyumbangkan sembilan kursi roda dan Puspadi menyumbangkan 15 kursi roda.

“Tadi 24 kursi roda sudah diserahkan secara simbolis oleh Plt Bupati Buleleng kepada keluarga penerima,” ucap Gede Komang. (ina)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment