Proyek Peningkatan Jalan Dalam Kota Tanpa Konsultan Perencana

Papan informasi proyek itu. bnn/dedi wolo

Ende/BaliNewsNetwork-Proyek peningkatan jalan dalam  kota Ende dengan dana Rp 22.429.897.000 (Dua puluh dua miliar empat ratus dua puluh sembilan juta delapan ratus sembilan puluh tujuh jribu rupiah) Tahun Anggaran 2016 yang bersumber dari dana DAK ternyata tanpa Konsultan Perencana.

Hal ini seperti terlihat pada papan proyek di depan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende. Proyek fantastis ini dikerjakan oelh PT Yetty Dharmawan.

Anggota DPRD Kabupaten Ende Pilipus Kami mengatakan sebuah produk pembangunan yang benar harus dilakukan perencanaan secara matang. Disebutkan, proyek dengan total dana Rp 22.429.897.000 adalah dana yang sangat fantastis untuk sebuah pekerjaan peningkatan jalan dengan jarak 3 Km.

“Jika pada papan proyek tidak dicantumkan siapa Konsultan Perencana maka sangat wajar jika SKPD seenaknya menentukan harga dari item pekerjaan dengan jumlah dana yang akan dialokasikan,” kata Pilipus Kami di Ende, Rabu  (07/12).

“Secara pribadi saya merasa ada kejanggalan, kenapa Kontraktor Pelaksana tidak mencantumkan Konsultan Perancana pada papan proyek karena memang ada alokasi anggaran untuk perencanaan,” tegas Pilipus Kami.

Sekretaris PUSAM Indonesia Oskar Vigator menilai  alokasi anggaran untuk peningkatan jalan dalam kota Ende tahun 2016 sebesar Rp 22.429.879.000   sangat fantastis jika dibandingkan dengan panjang pekerjaan hanya sekitar 3 Km.

“Sampai saat ini kita belum bisa membandingkan jumlah dana dengan pekerjaan karena memang belum nampak apa saja yang akan di bangun dari total dana tersebut,” ucap Oskar.

Ditambahkan Oskar, Konsultan Perencana tentu memiliki standar biaya untuk sebuah produk yang dihasilkan yang tentu berpedoman pada asas kewajaran.

“Saya berharap penegak hukum harus memantau secara khusus pekerjaan  dalam kota Ende dan jika ditemukan ada dugaan penyimpangan maka harus di proses secara hukum” tegas Oskar.

Informasi yang dihimpun  media ini di kantor PU Ende bahwa Konsultan Perencana proyek tersebut adalah  CV Sao Ria Plan. (dedi wolo)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment