Salam Damai dari Atas Bukit Cinta di Timur Indonesia

Suasana pagi di atas Bukit Cinta. Foto: balinewsnetwork/amar ola keda.

Kupang/BaliNewsNetwork-Bukit Cinta, sebutannya memang terinspirasi dari aktivitas yang biasa dilakukan muda-mudi Kupang untuk saling bermesraan. Bukit Cinta itu terletak di Kelurahan Penfui, Kota Kupang, tak jauh dari Bandara El Tari Kupang.

Suasana pagi di atas bukit sungguh indah. Jalan menuju lokasi cukup menanjak sekitar 10 menit untuk mencapai puncak bukit. Deretan rumah berderet rapi dan birunya laut yang membentang tampak dari kejauhan.

Jika sedang tak hujan, Anda bisa melihat burung-burung terbang sambil bersiul menyambut mentari pagi. Suasana makin teduh dengan pohon-pohon rindang berdiri teguh di atas batu karang.

Tak cukup sampai di situ, Anda bisa menjelajah 10 gua peninggalan Jepang. Menurut cerita warga setempat, gua-gua itu menjadi tempat persembunyian penjajah Jepang saat perang dunia ke II. Di atas bunker itu, ada sejumlah pemuda yang duduk santai usai berlari pagi.

Gua yang dibangun itu konon terhubung langsung dengan salah satu gua yang berada di Pantai Lasiana sebagai tempat sandar kapal para tentara Jepang. Namun, hingga kini belum ada pembuktian untuk cerita yang tersebar itu.

Bukit Cinta, Kelurahan Penfui, Kota Kupang. Foto: balinewsnetwork/amar ola keda.

Bukit Cinta, Kelurahan Penfui, Kota Kupang. Foto: balinewsnetwork/amar ola keda.

Menuju puncak Bukit Cinta cukup mudah. Bagi Anda pengendara kendaraan pribadi bisa menggunakan akses jalan hotmix. Lokasi Bukit Cinta Kupang tepat berada di pinggir jalan perbatasan antara Kota Kupang dengan Kabupaten Kupang.

Anda juga bisa menumpang angkutan umum rute Kupang-Penfui. Anda bisa meminta turun di bundaran Penfui dengan ongkos Rp 3.000 dan selanjutnya menumpang ojek yang banyak mangkal di bundaran tersebut dengan ongkos Rp 5.000 langsung tiba di lokasi. Tidak ada batasan waktu dan tidak ada biaya masuk atau pungutan karcis saat masuk ke Bukit Cinta Kupang. (amar ola keda)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment