Peringati Hari AIDS, Siswa Turun ke Jalan

Siswa siswi turun ke jalan memperingati Hari AIDS sedunia, di simpang empat jalan Sudirman Negara, Kamis (1/12) untuk kampanye stop HIV/AIDS. bnn/istimewa

Negara/BaliNewsnetwork-Dinas Kesehatan Jembrana bersama siswa siswi SMA serta SMK dari berbagai sekolah turun ke jalan raya berkampanye berkaitan dengan peringatan hari AIDS sedunia. Para pelajar tersebut, selain berorasi tentang bahaya HIV/AIDS, juga melakukan pembagian bunga mawar, stiker dan pamflet kepada para pengguna jalan atau pengendara motor yang melintas di simpang empat jalan Sudirman dan simpang empat jalan Ngurah Rai Negara, Kamis (1/12) kemarin.

Aksi siswa-siswi turun ke jalan raya itu hanya berlangsung selama satu jam, mulai pukul 08.00 hingga 09.00 Wita. Bunga mawar dan pamflet yang dibagikan kepada pengendara motor termasuk mobil, ketika lampu merah dan semua kendaraan sedang berhenti. Tak hanya itu, beberapa siswa siswi juga melakukan orasi terkait bahaya AIDS secara bergantian, termasuk juga membawa poster-poster yang bertema terkait bahaya AIDS. “Kami berharap, kampanye ini, dapat memberikan edukasi pada masyarakat terkait dengan bahaya HIV/AIDS,” ujar Ni Luh Fika Ulandari, salah seorang siswa SMAN 1 Melaya.

Sementara Kabid Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Jembrana, dr. Oka Parwata menyebutkan, jumlah kasus HIV di Jembrana terakumulasi hingga Bulan Oktober tahun 2016 sebanyak 218 kasus. Sedangkan kasus AIDS mencapai 532 kasus. Dari jumlah kasus tersebut, 287 diantaranya sudah meninggal dunia. Pihaknya terus berupaya menekan jumlah penyebaran virus HIV yang menjadi penyebab AIDS, dengan berbagai langkah baik preventif maupun kuratif. Selain itu, disiapkan  VCT di dua Puskesmas Rawat Inap untuk mendeteksi secara dini penyebaran virus HIV. Disamping itu, juga melakukan langkah sosialisasi ke banjar-banjar, termasuk ke sekolah-sekolah. Aksi kampanye kali ini menurutnya merupakan salah satu upaya untuk menyebarluaskan pengetahuan kepada masyarakat sekaligus mengajak semua pihak untuk menghindari perilaku yang memicu HIV/AIDS.  Peringatan Hari AIDS kemarin juga melibatkan unsur dari TNI, Polri, Sat Pol PP serta Dinas Hubkominfo Jembrana. (agp)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment