Kelompok Separatis Sandera Bupati Eka

Skenario simulasi pemantapan Satuan Raider 900/SBW yang digelar Rindam IX/Udayana, Foto: balinewsnetwork/ram.

Tabanan/BaliNewsNetwork— Sebelas orang dari kelompok separatis tiba-tiba menyerang kantor Bupati Tabanan di Jalan Pahlawan, Rabu pagi (30/11). Dengan bersenjata lengkap, kawanan sparatis tersebut langsung masuk dan menyandra Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti. Tak pelak suasana mencekam penyandraan pun terjadi.

Tak berselang lama, tim Gultor Satuan Raider Yonif 900/Satya Bhakti Wirottama (SBW) melumpuhkan para teroris dan menyelamatkan Bupati Tabanan tanpa terluka sedikit pun. Seluruh teroris pun terpaksa ditembak mati karena melakukan perlawanan.

Adegan tersebut terekam dalam skenario simulasi pemantapan Satuan Raider 900/SBW yang digelar Rindam IX/Udayana. Simulasi tersebut dimulai pukul 08.00 Wita melibatkan sebanyak 3 regu raider yang berjumlah 37 orang.  Sebanyak 11 orang berperan sebagai kelompok separatis.

Kapten Inf. I Wayan Arga selaku koordinator simulasi menjelaskan jika kegiatan tersebut merupakan latihan rutin setiap tahun yang digelar untuk memantapkan kesiapan dan kesigapan Satuan Raider yang dilatih kemampuan antiterornya. “Skenarionya adalah Bupati Tabanan disandera oleh kelompok separatis yang selanjutnya diselamatkan oleh Satuan Raider kemudian dibawa ke satu titik aman yang sudah ditentukan,” ungkapnya.

Satuan Raider 900/SBW hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk berhasil menyelamatkan sandera dalam pelatihan tersebut. Sehingga diharapkan para Raider bisa bertindak sigap dan cepat apabila terjadi situasi serupa. “Simulasi ini juga untuk melatih fisik, teknik dan taktik dalam menanggulangi terorisme,” jelasnya. (ram)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment