Embat Duit Nasabah BPD Rp 1,7 M – Dituntut 4 Tahun, Pengacara  Bilang Fantastis

Terdakwa I Wayan Sukarja Sastrawan

Denpasar/BaliNewsNetwork-I Wayan Sukarja Sastawan yang menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi uang nasabah pada Bank Pembangunan Daerah (BPD) Tabanan, Rabu (2/11) dituntut hukuman 4 tahun penjara oleh tim  Jaksa Penuntut Umum (JPU) Fitra dkk. Selain dihukum penjara, terdakwa juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp 50 Juta, subsider enam bulan penjara.

Dalam amar tuntutanya yang dibacakan di hadapan majelis hakim pimpinan Sutrisno, jaksa menilai terdakwa bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut. Pebuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 9 UU No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU No. 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No. 31 tahun 1999 jo Pasal 64 KUHP.

“Memohon kepada majelis hakim untuk menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 4 tahun,” tegas jaksa dalam amar tuntutanya. Hal-hal yang meberatkan dalam tuntutan jaksa disebut, perbuatan terdakwa menjatuhkan nama baik PT BPD. Sedangkan yang meringankan, terdakwa berterus terang, mengakui perbuatanya dan menyesali perbuatanya.

Usai mendengarkan tuntutan, terdakwa yang didampingi pengacara I Putu Gede Darmawan langsung mengatakan akan mengajukan pembelaan.

“Kami mengajukan pembelaan yang mulia,” kata Darwaman.

Usai sidang, Darmawan yang ditemui di mengatakan tuntutan jaksa terlalu fantastis.
“Ini benar-benar fatastis, terdakwa sudah mengembalikan kerugian negara, masih juga dituntut tunggi,” katanya dengan nada kurang percaya.

Seperti diberitakan sebelumnya, terdakwa mengakui dan telah menyesali perbuatannya telah menggunakan dana nasabah senilai Rp 1,7 miliar yang mestinya menjadi tabungan di BPD Bali Cabang Tabanan. Uang tersebut digunakan untuk membeli pendingin rungan, sebuah sepeda motor, sebuah mobil Honda Jazz dan sebuah mobil Honda CRV. Kendati demikian, terdakwa sudah mengembalikan uang nasabah tersebut ke BPD Tabanan. (pro)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment