Triwulan III-2016 Dunia Usaha di Bali  Tumbuh Positif 7,97 Persen

Kepala Perwakilan Bank IndonesiA (BI) Bali, Causa Iman Karana saat berdialog dengan awak media di warung Kubu Kopi, Senin (24/10/2016).

Denpasar/BaliNewsNetwork-Meski sektor property menunjukkan kejenuhan atau perlambatan, namun hal itu tidak mempengaruhi kinerja dunia usaha yang ada di Bali. Hal itu   disampaikan Kepala Perwakilan BI Bali, Causa Iman Karana di hadapan awak media di Warung Kubu Kopi, Senin (24/10/2016).

“Sektor property hanya salah satu bagian usaha dari beberapa lapangan usaha yang mendominasi perekonomian Bali. Jenuhnya sektor property masih bisa dicover dari sektor lainnya yang pertumbuhannya positif,”  ungkap Causa.

Apa yang disampaikannya bukan tanpa sebab. Pasalnya, berdasarkan survei yang dilakukan BI yang tercermin dalam Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) menunjukkan perbaikan.

“Dari SKDU banyak responden yang menjawab terjadinya peningkatan atau perbaikan kinerja dunia usaha yang tertuang dalam Saldo Bersih Terimbang (SBT) secara total dari -1,78 persen di triwulan II-2016 tumbuh menjadi 7,97 persen pada Triwulan III-2016,” ungkapnya.

Lantas ia menegaskan, SKDU yang dilakukan setiap tiga bulan sekali ini bisa menjadi indikator kinerja dunia usaha dan pertumbuhan perekonomian Bali. Ia juga berharap pada Triwulan IV-2016 peningkatan kinerja akan berlanjut, bahkan diperkirakan ekspansi pada Triwulan IV-2016 seperti yang tercermin dalam SBT diperkirakan meningkat sebesar 11,84 persen.

“Ekspansi dunia usaha diperkirakan akan terjadi di sektor pertanian, pengangkutan, komunikasi, dan sektor jasa lainnya. Bahkan dengan meningkatnya kinerja di triwulan ini, beberapa pelaku usaha berencana meningkatkan investasi  menjadi lebih tinggi 1,04 persen, dibandingkan sebelumnya yang hanya 0,46 persen,” tutupnya.(dpw)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment