Istri Mangku Pura Jagatnatha Diserang Kanker Getah Bening

Mangku Nyoman Madri tumor ganas di kakinya. Foto:balinewsnetwork/don.

Jembrana/BaliNewsNetwork— Kondisi Mangku Nyoman Madri (69) istri Mangku Pura Jaganatha Jembrana, Wayan Sutomo (72) kini makin memprihatinkan. Pasangan yang tinggal di Lingkungan Menega, Kelurahan Dauh Waru, Kecamatan Jembrana harus berjuang sendiri menghadapi kondisi Mangku Madri yang makin parah setelah terserang kanker getah bening di kaki.

Saat dikunjungi Jumat (21/10) Mangku Wayan Sutomo mengatakan, istrinya terserang kanker getah bening. Pasangan suami-istri ini sudah “ngayah” menjadi Mangku di Pura Jagatnatha Jembrana sejak 15 tahun lalu. Mereka dikaruniai empat anak perempuan, namun kini tersisa tiga orang karena satu orang sudah meninggal dunia. Sejak 17 Agustus 2016 lalu Mangku Istri menderita sakit parah.

“Kemungkinan karena kecapean. Karena saat itu ada upacara besar di pura. Akibatnya terjadi pembengkakan cukup besar pada paha sebelah kiri. Sementara di kaki juga tumbuh benjolan warna hitam,” cerita Mangku Tomo.

Sebelumnya Mangku Madri juga sudah pernah menjalani operasi kecil karena terdapat benjolan pada telapak kaki kirinya. Diduga itu menjadi penyebab terjadinya benjolan lain di kaki kirinya.  Mangku Madri sempat dirawat di RSU Negara dan dirujuk ke RS Sanglah. Namun dokter sudah angkat tangan karena kankernya sudah masuk stadium empat.

Kini Mangku Madri hanya bisa terbaring lemah dan menahan sakit di kamarnya. Untuk makan sehari-hari pasutri lansia ini mendapat pasokan dari anak-anaknya yang hidup sederhana.

Mangku Tomo kini juga sakit-sakitan. Dia menderita hipertensi dan sudah tidak bekerja lagi. Sebelumnya Mangku Tomo bersama istrinya melayani umat yang datang ke Pura Jagatnatha. (don)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment