Kajari Janji 10 Hari Dakwaan Jaksa Selesai 

Kajari Denpasar Erna Normawati Widodo Putri. bnn/ist

Denpasar/BaliNewsNetwork-Berkas kasus pembunuhan anggota polisi Aipda Wayan Sudarsa yang menyeret dua warga negara asing sebagai tersangka yaitu, Sarah Connor asal Australia dan David James Taylor (Inggris) akhirnya sampai juga ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar.

Pasangan Kekasih Bule Pembunuh Anggota Polsek Kuta Dilimpahkan ke Jaksa

Ini menyusul sudah dilakukanya pelimpahan berkas acara pemeriksaan (BAP), barang bukti dan kedua tersangka oleh penyidik kepolisian ke Jaksa Penuntut Umum (JPU), Senin (17/10). Dengan demikian, kasus ini tidak lama lagi akan segara disidangkan.

Terkait pelimpahan ini dibenarkan oleh Kajari Denpasar, Erna Normawati Widodo Putri yang ditemui di Kejari Denpasar.

“Kami telah menerima pelimpahan berupa bekas perkara, barang bukti dan dua tersangka pembunuh anggota polisi dari Polresta Denpasar, Pukul 08.30 Wita,” kata Kajari Erna.

Ditambahkan pula, saat ini terhadap kedua tersangka dilakukan penahanan oleh Kejaksaan Negeri Denpasar selama 20 hari ke depan sampai penyusunan dakwaan rampung. Namun, pihaknya berjanji bersama tim Jaksa Penuntut Umum akan menyusun dakwaan dalam waktu 10 hari dan langsung melimpahkannya ke PN  Denpasar.

Memang, kata Erna, jika mengacu pada SOP, ada ketentuan untuk perkara seperti ini tersangka dapat dilakukan penahanan hingga 30 hari sebelum di limpahkan ke Pengadilan.

“Tapi kami usahakan secepatnya dakwaan tuntas dan segara dilimpahkan,” tegasnya.

“Estimasi sidang ini akan digelar setelah kejaksaan melimpahkan dan pengadilan menunjuk hakim yang menyidangkan, sehingga kemungkinan kasus ini mulai disidangkan dua minggu ke depan,” lanjut Erna.

Sementara menyinggung soal pasal yang diterapkan untuk menjerat kedua terdakwa, Erna menyebut ada Pasal 338 jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. Kemudian  Pasal 170 Ayat 2 ke-3 KUHP dengan ancaman 12 tahun dan Pasal 351 Ayat 3 jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun. (pro)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment