Pertama di Dunia, Konser Musik Jazz Digelar di Hutan Mangrove

Hutan mangrove di Maumere jadi daya tarik wisata.bnn/Erni P. Ola/ ist

Kupang/BaliNewsNetwork-Menonton konser musik live di tempat terbuka di kota ataupun di gedung mungkin hal biasa bagi kita. Namun apa jadinya jika sebuah konser musik digelar di hutan. Di Kabupaten Sikka, untuk mempromosikan potensi wisata daerah, digelar Festival Musik Jazz berlokasi di alam terbuka nan hijau di hutan Mangrove, Desa Magepanda, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Flores pada 16/10/2016 mendatang.

Konser tersebut dipelopori Yayasan Bapa Bangsa (YBB) mengusung tema Maumere Jazz Musik Fiesta Flores.

Konser spektakuler ini menghadirkan artis-artis jazz nasional seperti Andre Hehanusa dan kurang lebih 10 artis musik jazz lainnya.

“Kita memilih tempat unik dan belum dilakukan banyak orang. Kita ingin daerah ini semakin dikenal melalui potensi budaya dan wisatanya. Hal-hal unik akan terus dilakukan demi daerah dan masyarakat Kabupaten Sikka. Sudah dikonfirmasi dengan pihak Warta Jazz bahwa kegiatan konser musik jazz di hutan mangrove menjadi pertama di dunia. Konser ini kita buka luas untuk masyarakat secara gratis untuk ditonton,” kata Januarius Goleng, Ketua Dewan Pembina Yayasan Bapa Bangsa kepada wartawan Sabtu (1/10/2016).

Dia mengatakan, pelaksanaan konser ini untuk mempromosi daerah karena Kabupaten Sikka memiliki berbagai potensi yang dapat mendongkrak pendapatan untuk pembangunan ekonomi masyarakat. Karena itu, perlu banyak promosi melalui berbagai event.

“Kali ini kegiatannya berlangsung di hutan mangrove seluas ± 70 hektar. Tujuan lainnya melestarikan hutan mangrove demi keamanan dan kenyamanan warga tepi pantai. Hutan mangrove hidup di tepi pantai, harus ditanam dan dilestarikan. Karena itu, sebelum konser dilakukan akan diadakan penanaman mangrove sebanyak 300 anakan pada lahan 1 hektar. Kegiatan penanaman ini melibatkan  sponsor, artis jazz musik dan para tamu,” ujar Goleng.

Hutan mangrove ini dikembangkan pasca tsunami mengguncang Flores dan sekitarnya pada tahun 1992.

Sebelumnya, pada HUT RI ke-71 2016 lalu pihak YBB dan Capa Hotel Maumere menggelar upacara Bendera Bawah Laut. Kegiatan ini berhasil menggerakan ribuan warga yang menyaksikan langsung. Kegiatan ini untuk mengangkat potensi wisata alam laut Teluk Maumere di Desa Pemana, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka. (amar ola keda)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment