Sweeping Rutan, Petugas Hanya Temukan Senjata Api Mainan

Senjata api mainan di salah satu kamar tahanan. Bnn/don

Negara/BaliNewsNetwork-Guna mengantisipasi peredaran Narkoba dan senjata di Rutan Negara, Kamis (29/9/2016) petugas gabungan  Polres Jembrana melakukan sweeping di Rutan Negara. Dalam sweeping petugas menemukan satu pucuk senjata laras panjang mainan dan puluhan korek api.

Sweeping dipimpin Kapolres Jembrana AKBP Djoni Widodo dan Wakapolres Kompol Anak Agung Rai Laba. Mereka didampimgi  Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP Gusti Made Sudarma Putra.

Begitu masuk Rutan, petugas langsung menggeledah dua blok dan 13 kamar yang dihuni 123 warga binaan.

Kapolres Djoni Widodo sempat melihat kondisi kamar yang ditempati mantan Bupati Jembrana Gede Winasa yang terjerat kasus korupsi. Petugas juga meneliti kamar Perbekel Manistutu, Ketut Sukadana yang terjerat kasus Prona. Kamar Anak Agung Putrayasa dan terdakwa kasus korupsi lainnya di blok khusus tidak luput dari periksaan petugas.

Dari sweeping tersebut petugas dikejutkan dengan ditemukannya sepucuk senjata di ruang 8 yang dipajang di dinding. Setelah dicek ternyata senjata  itu hanya mainan karena terbuat dari kertas koran.

Petugas juga menemukan puluhan korek api dan rokok serta satu box aksesoris batu akik dan jimat.

Kapolres menyayangkan bnanyak warga binaan yang merokok di dalam kamar sambil rebahan. Padahal mereka seharusnya dilarang merokok dalam Rutan atau kamar.

“Jika mereka merokok dan tertidur kemudian rokoknya jatuh, bisa terjadi kebakaran. Memang belum pernah terjadi kebakaran di Rutan Negara namun antisipasi harus dilakukan,” sesal Djoni.

Kapolres menyita semua korek dan rokok serta senjata mainan tersebut. Karena senjata mainan itu bisa juga disalahgunakan untuk menakut-nakuti orang. Hal ini bisa meresahkan warga binaan.

“Kami tidak hanya mencari Narkoba dan senjata, tetapi juga melakukan tes urine  terhadap warga binaan yang terlibat kasus Narkoba. Setelah dites hasilnya negatif,” jelasnya. (don)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment